Wujudkan Visi Misi Bupati Tapsel, Disnaker dan Kelurahan Aek Pining Gelar Pelatihan Menjahit

/ Selasa, 14 Juni 2022 / 20.44.00 WIB
Lurah Aek Pining Hendra Sakti Siregar Sedang memberikan Pengarahan kepada peserta pelatihan menjahit

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Dalam rangka mewujudkan visi misi Pemkab   Tapanuli Selatan  dibawah kepemimpinan H. Dolly Parsaulian Pasaribu,  Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapanuli Selatan kerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru melaksanakan pelatihan menjahit bertempat di kantor Lurah selama 24 hari kedepan. 


Demikian disampaikan Lurah Kelurahan Aek Pining Hendra Sakti Siregar kepada awak media online Selasa (14/6-2022).

Kegiatan pelatihan menjahit ini dilaksanakan mulai Tanggal 3 Juni sampai 21 Juni 2022," Ujar Lurah.

Untuk mengurangi angka pengangguran khususnya di Kelurahan Aek Pining  Kecamatan Batangtoru dan umumnya Kabupaten Tapanuli Selatan  dan  sekaligus mewujudkan visi dan misi Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Parsaulian Pasaribu  yaitu  masyarakatnya yang Sehat, Cerdas dan sejahtera.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah sesuai surat Lurah Kelurahan Aek Pining kepada Pemkab Tapanuli Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapanuli Selatan baru baru ini. 
 
Dijelaskan Lurah, " bahwa kegiatan ini menargetkan ibu-ibu yang pengangguran. Tujuannya, untuk memberdayakan perempuan agar lebih produktif dan membantu meningkatkan perekonomian.

“Kami memang sengaja menargetkan pelatihan kepada ibu rumah tangga dan perempuan yang belum bekerja. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas mereka,” kata Hendra Sakti Siregar. 

Lurah  menjelaskan, pelatihan ini memberikan bekal bagi perempuan untuk bisa lebih berdikari dan berdaya saing. Sehingga mereka tetap bisa berkarya dan bisa melakukan tugas sebagai ibu rumah tangga.

Selama pelatihan, kata Lurah, para peserta dibekali dengan kemampuan untuk menjadi seorang penjahit profesional. Mulai dari mengukur tubuh calon customer, membuat pola, cutting hingga proses menjahit dan menjadi satu potong baju siap pakai.

Dalam rangka pemberdayaan masyarakat, Lurah Aek Pining berharap,  kedepan agar tumbuh para pelaku UMKM baru."Sehingga kita berharap kegiatan pereknonomian masyaraka bangkit," kata Hendra Sakti Siregar.

Untuk itu, dia meminta para peserta pelatihan menjahit agar serius dan fokus mengikuti kegiatan menjahit ini. "Bila ilmu menjahitnya ditekuni insya Allah...bisa menambah perekonomian keluarga," ucapnya.

Dia berharap, para peserta nanti menularkan ilmu menjahit kepada komunitasnya agar anggota komunitas juga memperoleh manfaat meski saat ini belum berkesempatan ikut pelatihan menjahit.



Pelatihan menjahit selama dua puluh empat hari yang diikuti sebanyak 16 Orang, menurut Lurah Pelatihan ini, bertujuan meningkatkan kualitas dan mewujudkan pribadi yang mandiri dan berdaya saing  menuju Pemkab Tapsel  yang  sehat , cerdas  dan sejahtera," ujar Lurah mengakhirinya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: