Mubes VII BKAG Labuhanbatu Tahun 2022 Resmi Dibuka

/ Senin, 05 September 2022 / 12.53.00 WIB

Foto : Pemukulan Gong oleh Kaban Bappeda Hobol Rangkuti

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - 
Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Labuhanbatu menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke VII Tahun 2022 massa bhakti 2022-2025, yang dilaksanakan di Hall Hotel Permata Land Rantauprapat, Senin (05/09/2022).

Pada acara Mubes VII BKAG tersebut diambil Thema "Supaya Mereka Semua Menjadi Satu (Yoh.17:21)" dengan Sub Thema "Melalui Mubes BKAG Labuhanbatu, Gereja-gereja Dipanggil Bersatu Untuk Menjadi Berkat".

Pada pembukaan acara Mubes yang dibacakan pembawa acara Yuniman Zebua,SE,MM diisi dengan Ibadah Rohani singkat, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta, dan pengesahan pembukaan sidang Mubes.

Usai ibadah singkat, dilanjutkan dengan laporan Ketua Organizing Commitee (OC) Muktar Pinem,SE menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan surat keputusan MPP BKAG Labuhanbatu nomor :002.SK/MPP-BKAG/LB/VIII/2022. Dan Keputusan nomor : 01.KEP/Mubes-VII/BKAG/LB/2022 tentang Pembukaan dan Pengesahan Sidang Mubes VII BKAG Labuhanbatu.

"Sebelum digelar Mubes dilakukan Pra Mubes yang membahas tentang Mendengarkan laporan keuangan pekuburan BKAG, Sosialisasi tatib Mubes. Peserta mubes terdiri dari delegasi, peninjau dan undangan," ucapnya.

Kemudian dilanjut dengan kata sambutan Ketua Umum BKAG Labuhanbatu Pdt.Sangkot Simanjuntak,M.Th,M.Min yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Mubes ini diselenggarakan untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus BKAG masa bakti 2019-2022, pembahasan dan penetapan pokok-pokok program dan pemilihan pengurus BKAG pada periode 2022-2025.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan pengarah yang telah menyukseskan Mubes VII BKAG, kiranya acara berjalan lancar, tertib, demokratis, dalam semangat kekeluargaan, Tuhan menyertai kita semua," tandasnya.

Pdt.Sangkot Simanjuntak menyampaikan harapan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk mendukung kinerja program kerja BKAG yang mana dana yang dimiliki masih minim.

"Mohon kiranya melalui Mubes ini, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dapat memberikan peningkatan penambahan anggaran untuk BKAG Labuhanbatu," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BPH BKAG Labuhanbatu Bindu Siahaan,SE mengisahkan perjalanan BKAG massa bhakti periode 2019-2022 dimasa pandemi covid-19.

"Semasa pandemi covid-19 banyak tantangan yang dilalui, bahkan dalam perayaan-perayaan hari besar keagamaan. Walaupun semua kegaiatan serba terbatas, perayaan Natal, Paskah, tetap dilaksanakan secara terbatas dan sederhana. Pengurus BKAG juga mengadakan pembagian sembako bagi warga jemaat. Itu semua berkat kerjasama antar gereja dan terkhusus adanya dukungan dari Pemkab Labuhanbatu," tuturnya.

Bindu Siahaan juga berharap dengan terpilihnya nanti kepengurusan yang baru mampu lebih baik lagi dari pengurus yang lama dalam memberikan terobosan-terobosan baru.

Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,MKM yang diwakili Kaban Bappeda Hobol Rangkuti dalam arahannya memberikan apresiasi kepada panitia dan pengurus BKAG Labuhanbatu yang telah menggelar Mubes ke VII Tahun 2022.

"Selamat Mubes VII BKAG Labuhanbatu. Meskipun berbeda dedominasi gereja yang tergabung dalam BKAG, namun tetap bersatu sesuai dengan Thema dan Subthema yang tetapkan dalam Mubes ini," ucapnya.

Bupati menghimbaun dalam pelaksanaan Mubes yang digelar agar dalam menyampaikan gagasan untuk mengedepankan kepentingan bersama.

"Bagi peserta diharapkan bersungguh-sungguh dalam acara dan untuk menyampaikan gagasan maupun pokok-pokok pembahasan agar mengedepankan kepentingan bersama," tandasnya.

Bupati labuhanbatu mengharapkan BKAG mendorong terciptanya rasa keamanan dan ketentraman antar sesama. BKAG termasuk lembaga umat beragama agar terus memberikan karya terbaiknya, baik untuk internal maupun eksternal, serta karya konkrit dalam masyarakat untuk mendukung program Pemerintah membolo Labuhanbatu.

Foto : Pimpinan Sidang/Steering Commitee Mubes VII BKAG

Usai kata sambutan dan arahan, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong yang dilakukan Bupati Labuhanbatu yang di wakili Kaban Bappeda Hobol Rangkuti tanda Mubes VII BKAG resmi dibuka.

Acara Mubes dimulai dengan pimpinan sidang sementara, Ketua Steering Commitee (SC) Johnny Agape L.Tobing,SH,M.Kn, sekretaris Yuniman Zebua,SE,MM dan anggota Pdt.Ranto Tambunan,S.Th, Pdt.Yosua B.Tobing,S.Th,M.Min, Victor Siahaan,SH.

Ketua SC Johnny Agape L.Tobing menyampaikan hak suara dalam Mubes terdiri dari Delegasi, utusan MPO, utusan MPP,  BPH, kemudian utusan peninjau 4 Gereja yang tidak memiliki hak suara. Sementara jumlah denominasi gereja anggota BKAG yang hadir mengikuti Mubes sebanyak 38 gereja dari 51 gereja.

"Peserta yang hadir memenuhi unsur 1/2 N + 1, maka pengesahan pembukaan sidang Mubes dinyatakan korum dan sah," pungkasnya.

Sampai berita ini ditayangkan, acara Mubes VII BKAG Labuhanbatu masih berlangsung.

(PS/ Messo Gulo )

Komentar Anda

Terkini: