Kepala SMA Negeri 1 Angkola Barat Sebagai Kepala Sekolah SMA Inspiratif Tahun 2023

/ Minggu, 16 April 2023 / 12.00.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menggelar Kegiatan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan jenjang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Inspiratif Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023 mengangkat tema Pembelajaran Paradigma Baru Menuju Pendidikan Sumatera Utara Bermartabat. Pada kesempatan tersebut kepala SMA Negeri 1 Angkola Barat Salamat Siregar, S.Pd, M.Si mendapat kesempatan untuk tampil di panggung adu program terbaik yang diimplementasikan di sekolah masing-masing bersama sekolah-sekolah se Sumatera Utara. 


Program unggulan yang disampaikan Salamat Siregar, S.Pd, M.Si adalah Penguatan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis “Masih Punya 15 KPR” melalui PMPR. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa “Masih Punya 15 KPR” adalah cara unik penulis membuat sebuah istilah agar mudah dihafal yaitu “MP15KPR” yang merupakan akronim dari memanfaatkan Multimedia, menggunakan Pemantik, serba 15 menit, Kolaborasi, Presentasi, dan Refleksi dalam melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Strategi yang digunakan untuk mencapai target pembelajaran berdiferensiasi adalah melalui Program Membersamai Pembelajaran dan Refleksi (PMPR). 

Konsep PMPR adalah kegiatan mendampingi seorang guru dalam pembelajaran oleh rekan guru lainnya yang terdiri dari 4-6 orang. Program ini penting dilakukan agar para guru saling memberikan refleksi terhadap aktivitas pembelajaran yang dilakukan sehingga konsistensi “Masih Punya 15 KPR” yang merupakan basis pembelajaran berdiferensiasi tetap dapat diwujudkan dalam bentuk praktik baik pembelajaran," ujar Kepala Sekolah Penggerak ini.

Atas program tersebut, dewan juri yang terdiri dari Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Dr. Eng. Ir. Listiani Nurul Huda, M.T., IPM, Dr. Aripay Tambunan, M.Pd, Dr. Hironymus Ghodang, S.Pd, M.Si, kepala SMA Negeri 1 Angkola Barat dianugerahi sebagai pemenang ke-3 kepala sekolah SMA inpiratif Tahun 2023," ujar Kasek Pembina Utama Golongan IV D.

Salamat Siregar Yang Berpasangan Dengan Istri Nursahana Harahap  mengatakan, ini sebuah prestasi membanggakan bagi dunia pendidikan  khussunya di Cabdis Pendidikan wilayah XI dan Keluaarga SMA N 1 Angkola Barat , sehingga diharapkan menjadi motivasi bagi guru dan kepala sekolah lainnya," harapnya.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: