Rapat RKAS Tahun 2024 SMAN 1 Angkola Barat Bersama Orangtua Siswa Dan Dihadiri Kacabdisdik Wilayah XI Berjalan Lancar.

/ Kamis, 16 November 2023 / 22.01.00 WIB

Kacabdisdik Wilayah XI Drs.Oloan Nasution Buka Secara Resmi Rapat RKAS Tahun 2024 di SMAN 1 Angkola Barat 

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Rapat rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2024 SMAN 1 Angkola Barat  bersama orangtua siswa dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik ) Wilayah XI  Provinsi Sumatera Utara Bapak Drs.Oloan Nasution  Kamis (16/11-2023) berjalan  lancar bertempat di Aula terbuka SMAN 1 Angkola Barat.



Rangkaian acara dimulai dengan membaca lantunan ayat suci Al Qur'an oleh Siswa SMAN 1 Angkola Barat, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Doa.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Sumatera Utara Drs.Oloan Nasution dalam sambutannya sekaligus membuka acara Rapat rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2024 SMAN 1 Angkola Barat antara lain menyampaikan," bahwa besaran dana Biaya Operasional Sekolah Pendidikan (BOSP) adalah sebesar RP 1.570.000,- (satu juta lima ratus tujuh puluh ribu)  setahun setiap siswa. Dana bos itu bukan dibagikan kepada anak anak namun sesuai petunjuk teknis yaitu peraturan Menteri Pendidikan nomor 63 Tahun 2022.  Bapak/ Ibu orangtua silahkan mengunduh Juknis BOSP Tahun 2024 melalui tautan Juknis bosp tahun 2024 melalui HP androidnya masing masing.


Lebih lanjut disampaikannya," dana BOSP itu adalah  Bantuan Operasional Satuan Pendidikan adalah dana alokasi khusus nonfisik untuk mendukung biaya operasional nonpersonalia bagi Satuan Pendidikan yang diberikan untuk mendukung biaya operasionalsekolah," ungkapnya.



"Disampaikan Dana bos dapat digunakan untuk 

1.Penerimaan peserta didik baru. 

2. Pengembangan Perpustakaan

3.Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikuler

4.Pelaksanaan kegiatan asesmen dan evaluasi pembelajaran 

5.Pelaksanaan administrasi kegiatan sekolah

6.Pengembangan Profeai guru dan tenaga kependidikan

7.Pengembangan langganan daya dan jasa

8.Pemeliharaan sarana prasarana sekolah

9.Penyediaan alat multimedia pembelajaran

10.Penyelenggaraan kegiatan peningkatan kompetensi keahlian

11.Penyenggaraan kegiatan dalam mendukung keterserapan lulusan

12.Pembayaran honor.


Menurut Kacabdisdik Wilayah XI, menurut ahli di Dinas Pendidikan Prov.Sumatera  Utara idealnya untuk mendidik anak anak sekolah tingkat SMA minimal  Rp 3 Juta/tahun per siswa. Makanya bosp itu bukan dana namun bantuan Pemerintah," ujarnya.

Para orangtua siswa pantas berbangga hati di Kecamatan Angkola Barat ini  dapat Kepala Sekolah terbaik  bukan hanya di bidang Diklat saja namun bulan Mei tahun 2023 yaitu Gubernur Sumatera Utara memberikan 15 Unit mobil dinas untuk Kepala Sekolah  Inspiratif
terbaik Prov.Sumatera  Utara yaitu untuk tingkat SMA 5 unit mobil dan untuk tingkat SMK 5 Unit mobil dan tingkat SLB 5 Unit mobil. Termasuk salah satu Kepala SMAN 1 Angkola Barat menerima mobil dinas bantuan Gubernur Sumatera, Utara " pungkas Drs Oloan Nasution.


Kacabdisdik juga memberikan apresiasi karena SMAN 1 Angkola Barat sebagai sekolah penggerak. Untuk menjadi sekolah penggerak itu tidaklah mudah dan harus melalui seleksi yang ketat. Penilaiannya  termasuk dari pembelajarannya, Prestasinya, peserta didiknya," ungkap Drs.Oloan Nasution.


Akhirnya Dengan mengharap Ridho Allah SWT Tuhan Yang  Maha Esa Rapat pembahasan RKAS tahun 2024 SMAN 1 Angkola Barat pada hari ini Kamis 16 November 2023 secara resmi saya buka.

Kasek SMAN 1 Angkola Barat Salamat Siregar S.Pd M.Si Memberikan Sambutan

"Sebelumnya Kepala SMAN 1 Angkola Barat Salamat Siregar S.Pd M.Si menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kehadiran orangtua siswa  meluangkan waktunya hadir dalam acara rapat rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2024 SMAN 1 Angkola Barat . 


Dihadapan orangtua siswa Kepala SMAN 1 Angkola Barat menyampaikan bahwa ada uang kita   yang bersumber dari Pemerintah sebesar hampir  Rp 900 Juta. Tolong Bapak/Ibu Orangtua Siswa sampaikan usulnya uang itu untuk apa kita pergunakan sesuai juknis  Permendikbud nomor 63 tahun 2022.


Lebih lanjut Salamat Siregar, S.Pd, M.Si menyampaikan bahwa SMAN 1 Angkola Barat telah berhasil menjadi Sekolah Penggerak pada tahun 2022, maka program unggulan sekolah harus diarahkan kepada program sekolah penggerak yaitu pengembangan sumber daya manusia, pembelajaran dengan paradigma baru, digitalisasi sekolah, dan perencanaan berbasis data. 

Orangtua Siswa SMAN 1 Angkola Barat memberikan usulan 

"Aksi nyata layanan unggulan di SMAN 1 Angkoala Barat saat ini diantaranya adalah penekanan pada pembelajaran menggunakan multi media sehingga guru merasa wajib menggunakan laptop dalam pembelajaran karena semua ruang kelas sudah disiapkan LCD Projektor, pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran menyenangkan, dan pembelajaran berbasis produk (karya) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Layanan lainnya adalah website sekolah di www.sman1angkolabarat.sch.id sebagai gerbang informasi sekolah, website bimbingan konseling di www.bk.sman1angkolabarat.sch.id untuk memantau perilaku siswa baik oleh kepala sekolah, guru, dan orang tua. 



Seterusnya Kalau ada  keluhan saran dan pendapat  Bapak/Ibu orangtua siswa tolong sampaikan di acara Rapat ini. Kepala SMAN 1 Angkola Barat juga memohon Kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Prov.Sumatera Utara untuk memberikan arahan sekaligus membuka Rapat rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2024 SMAN 1 Angkola Barat secara resmi.


Dalam rapat tersebut inilah usulan kegiatan  dari orangtua peserta didik yaitu:

1. Bimbingan bagi siswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

2. Pembelajaran bahasa asing guna persiapan masuk perusahaan

3.Optimalisasi pembelajaran komputer

4.Ektrakurikuler tentang keahlian menjahit, memasak dan desain

5.Study banding /studi tour bagi guru dan siswa.

6.Diadakan Unit produksi (up) misalnya reperasi/servis pada sepeda motor melalui pemetaan siswa yang berminat

7.Membuat Gerbang Sekolah  dari Puskesmas

8.Perbaikan sarana air bersih sekolah

9.Rehap aula terbuka

10.Perbaikan pada sekolah


Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Prov.Sumatera Utara Drs.Oloan Nasution, Kepala SMAN 1 Angkola Barat Salamat Siregar S.Pd M.Si, Ketua Komite Sekolah  Drs.H.Parlaungan Hutasuhut, Guru dan Staf Tata Usaha SMAN 1 Angkola Barat, Utusan peserta didik dan Orangtua siswa.(PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: