Wakil Bupati Forum Air Dunia ke-10 Dipusatkan di Bali

/ Sabtu, 25 Mei 2024 / 12.07.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM – PAKPAK BHARAT - Wakil Bupati Pakpak Bharat, H Mutsyuhito Solin, Dr, M.Pd menghadiri "Achieving Universal Access Of Water Supply Services And 2045 Indonesia Emas Vision Through Water Supply Sector Transformation" di Grand Hyatt Bali, Nusa Dua, Bali (23/05/2024). Diskusi ini digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dalam rangka mendukung World Water Forum (Forum Air Dunia) ke-10 yang juga dipusatkan di Bali.

Banyak hal yang kita diskusikan di sini, utamanya tentang upaya kita menjamin ketersediaan air sebagai hak dasar bagi masyarakat, melalui penyelenggaraan SPAM dengan prinsip 4K (kwalitas, kwantitas, kontiniutas dan keterjangkauan), serta berkelanjutan. Intinya ialah upaya keras kita semua pemangku kepentingan di dalamnya, dalam rangka ewujudkan akses universal pada pelayanan air minum, dan Visi Indonesia Emas 2045 melalui transformasi sektor air minum, jelas Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga menjelaskan, bahwa target Sustanable Development Goals (SDGs) 2030, khususnya pencapaian universal akses terhadap akses air minum yang aman dan terjangkau bagi semua, maka diperlukan suatu tranformasi tata kelola pada sistem penyediaan air minum.

Di sini kita bahas semuanya, dengan Kementerian PUPR yang dengan komitmen tinggi untuk mencapai 100 persen akses air minum perpipaan yang bahkan dengan mengadopsi tranformasi dan sistem perpipaan Negara Portugal yang memang dikenal sebagai salah satu Negara paling berhasil di Dunia dalam hal penyediaan akses air minum, jelas Wakil Bupati kemudian.

Diskusi ini diselenggarakan dalam rangkaian Forum Air Dunia yang dipusatkan di Pulau Dewata. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Perhubungan Pakpak Bharat, Maringan Bancin, ST, MT turut mendampingi Wakil Bupati dalam pertemuan ini. .(PS/K.TUMANGGER/KANSIOM).

Komentar Anda

Terkini: