APISI Samosir Gelar Lomba Aksara Batak

/ Kamis, 31 Mei 2018 / 14.25.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR-Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia (APISI) menggelar lomba aksara Batak dan seminar Batak, Kamis (31/05) di SMAN I Pangururan. Lomba yang diikuti peserta dari siswa SD dan SMP itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Juang Sinaga.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati mengapresiasi APISI yang telah melaksanakan lomba serta juga menegaskan bahwa Aksara Batak sangat penting dilestarima, karena bagian dari budaya juga, dan sebagai orang Batak kita harus menunjukkan jati diri.

"Pelajaran bahasa dan budaya untuk anak SD, SMP sudah akan dimuat di Kabupaten Samosir menjadi muatan lokal pendidikan. Sementara sebagai guru  membidangi itu akan kita serahkan diakomodir melalui FKTM nantinya," tegasnya.

Salah seorang Batalog dan budayawa Mangunji Nababan menyampaikan apresiasinya juga kepada APISI, dimana aksara batak adalah warisan dari leluhur dan harus kita lestarikan. Dan bagi yang ada kemampuan aksara Batak agar menularkannya kepada anak didik.

Ketua APISI Kabupaten Samosir Lastuana Simbolon mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan itu adalah membuka, mengingatkan serta melestarika budaya kita, sehingga budaya kita tidak terkikis oleh kemajuan zaman.

Pada acara itu Ketua APISI Kabupaten Samosir yang juga sebaga Kepala dinas Perpustakaan dan arsip itu mendapatkan ulos dari Ketua APISI Pusat Hanna Chaterina George yang mengapresiasi kegiatan tersebut. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: