Diduga Kurangnya Kesiapan KPU, Sejumlah TPS di Karo Sepi Pencoblos

/ Kamis, 28 Juni 2018 / 00.44.00 WIB
SEPI: Tampak  Lokasi TPS 3 sepi di Tambak Lau Mulgap Dua Berastagi Kabupaten Karo. POSKOTA/ BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM-KARO-Sejumlah Tempat Pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Karo tampak sepi dari antusiasnya warga yang hendak mencoblos.

Pantauan poskotasumatera.com, Rabu (27/06)  sejak pagi hingga Pukul 11:30 Wib warga seputaran Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo dan sekitarnya masih minim datang ke TPS.

Kurang antusiasnya warga datang ke TPS untuk mengunakan  hak suara, dari berbagai sumber dan hasil survey kru ke lapangan  bukan hanya di Kecamatan Berastagi saja, namun juga sama halnya dengan kecamatan lain.

Diduga hal ini terjadi karena banyak warga di hari pilkada serentak lebih senang bekerja di ladang dan berjualan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Seperti ungkapan S. Sinaga (46) warga Kabanjahe, menurutnya lebih baik bekerja untuk kebutuhan  hidup dari pada datang ke TPS.

Nico Hermawan anggota KPPS di Kelurahan Tambak  Lau Mulgab II Berastagi mengungkapkan di daftar memilih satu TPS 200 orang tercatatat baru 30 orang yang datang gunakan hak pilih suara hingga menjelang siang.

Pantuan poskotasumatera.com kurang antusias warga ke TPS juga terjadi di Kecamatan Kabanjahe, Barusjahe, Tiga Panah, Kuta Buluh, Tiga Binanga, Juhar dan kecamatan lainya.

Diduga warga minim gunakan hak suara sebab, minimnya sosialisasi pada Pilgubsu Tahun 2018 sebagaimana di ungkap Nasib warga Kecamatan Tiga Panah. "Seharusnya dalam satu keluarga kami ada tiga punya hak pilih, namun yang dapat undangan pemilihan suara hanya dirinya, sedangkan istri dan anaknya tidak," ujar Nasib.

Lain lagi penuturan M. Tarigan (38)  warga Kecamatan Tiga Binanga mengatakan warga minim datang gunakan suara sebab, banyak tidak terdaftar sebagai pengguna hak suara.
Di Kecamatan Kabanjahe juga sama, banyak warga tidak datang ke TPS karena tidak miliki surat undangan pemilihan suara ungkap Suhendrik.

Penuturan seorang Warga Berastagi R. Karo Karo (54) warga Berastagi yang melakoni pekerjaan sebagai petani  mengatakan, dirinya tidak gunakan hak suaranya, Karena menurut R. Karo Karo siapapun yang terpilih belum tentu bisa merubah nasibnya.  "Karena menurut Saya, siapapun terpilih sama saja, tidak ada yang berubah termasuk lapangan pekerjaan sulit di dapat," ujarnya.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten  Karo  Benyamin Pinem yang dikonfirmasi poskotasumatera.com via seluler terkait sedikit nya jumlah pemilih yang datang ke TPS,  sampai Berita ini di Kirim tlke redaksi tidak juga memberikan jawaban. (PS/ BUDIMAN S)




Komentar Anda

Terkini: