Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-73 Muara Enim Khidmat

/ Senin, 04 Juni 2018 / 23.10.00 WIB
  
PIDATO : Bupati Muara Enim Muzakir Sai sohar Membacakan teks pidato sambutan Presiden RI Jokowi dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (4/6). POSKOTA/EDWARD

POSKOTASUMATERA.COM-MUARA ENIM -Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar memimpin upacara peringatan hari Pancasila ke-73 tahun 2018, Senin (4/6) di Halaman Kantor Bupati Muaraenim. Peringatan hari Pancasila tahun ini mengangkat tema “Bersatu, Berbagi dan Berprestasi” terlaksana dengan khidmat.

Upacara yang dilakukan di lapangan kantor Pemkab Muara Enim ini mulai pukul 08:00 WIB dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Muaraenim, kepala OPD, jajaran ASN lingkup Pemkab Muaraenim serta pelajar SMA.

Dalam kesempatan ini Bupati selaku pemimpin Upacacara membacakan sambutan Presiden  RI Jokowi mengatakan, Pancasila telah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun. Selama itu, lanjutnya, telah banyak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

“Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika,” kata Presiden melalui sambutannya yang dibaca Bupati.

Dilanjutkannya, sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semagat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, Presiden mengajak semua masyarakat agar terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. "Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” tegasnya. 

Menurut Presiden, dengan modal semangat dan energi kebersamaan,Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Kekuatan kolektif bangsa, lanjutnya juga harus diperkokoh serta tidak boleh mengahambur-hamburkan energi dalam perselisihan danperpecahan. (PS/EDWARD)


Komentar Anda

Terkini: