Baznas Muara Enim Kian Meningkat

/ Jumat, 15 Juni 2018 / 12.52.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MUARAENIM-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim dalam pengelolaan zakat mal dari tahun ketahun terus mengalami peningkatan dilihat dengan penerimaan tahun ini
“Alhamdulillah, tiap tahun grafik penerimaan zakat terus meningkat,” kata Ketua Baznas Muara Enim, Syachril disela kegiatan penyaluran zakat di Masjid Babussalam,
Syachril mengungkapkan, terhitung tahun 2015 sebesar Rp 555 juta, meningkat pada tahun 2016 sebesar Rp 986.5 juta. Kemudian di tahun 2017 penerimaan zakat kembali meningkat hingga Rp 1.25 miliar.
“Jumlah ini khusus penerimaan di konter zakat Baznas, baik yang bayar langsung maupun di jemput zakatnya diluar penerimaan zakat UPZ maupun laporan zakat fitrah. Bila dihitung keseluruhan mencapai Rp 1.9 – 2 milyar lebih. Dan semoga tahun 2018 sesuai target kami melalui konter Baznas Kabupaten Muara Enim sebesar Rp. 1,75 Milyar,” ujar Syachril.

Syachril mengatakan, pihaknya terus mensosialisasikan dan menyampaikan kepada masyarakat pentingnya berzakat. Menurutnya, pihaknya juga tidak bosan menghimbau kepada siapa saja yang telah berpenghasilan di atas Rp 5.22 juta perbulan untuk mengeluarkan zakatnya 2.5%.

“Kami berikan apresiasi kepada pegawai dan guru PNS yang telah menyalurkan zakatnya lewat bendahara SKPD masing-masing. Sehingga zakat yang disalurkan dapat membuat senyum dan tawa mereka para dhuafa. Kami selaku pimpinan terus berupaya untuk membangun kepercayaan ummat dengan mengedepankan transparansi dan dipublikasikan kepada kemasyarakat,” tukasnya.

Lebih lanjut Syachril menyampaikan, selama dua tahun terakhir, Baznas telah melakukan program bantuan konsumtif  bagi fakir tiap bulannya.
Program itu diantaranya, bantuan beasiswa kepada anak sekolah mapun mahasiswa yang tidak mampu,

akomodasi kesehatan, pembinaan mualaf, fisabilillah, orang terlantar, 23 bedah rumah, 100 jamban bagi warga miskin, kartu BPJS kesehatan bagi 500 jiwa keluarga miskin, baitul qiradh atau pinjaman modal tanpa bunga bagi pedagang sayur serta penyaluran konsumtif setiap ramadan.

“Ke depan ada rencana pembayaran asuransi pekerja miskin melalui BPJS ketenagakerjaan. Jika dana ZIS kita semakin meningkat maka semakin banyak program yang dapat kita lakukan bagi warga miskin,” pungkas nya. (PS/EDWARD)
Komentar Anda

Terkini: