Panen Raya Padi Selang di Muara Enim

/ Minggu, 15 Juli 2018 / 20.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MUARAENIM-Beberapa desa di Kecamatan Muara Enim, Minggu (15/7/2018) menggelar panen raya padi pada masa tanam yang kedua (Padi Selang).

Terpantau di lapangan, para petani sawah Desa Karang Raja, Lubuk Amplas, Tanjung Jati, Kepur serta Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim sedang melakukan panen raya. "Alhamdulillah, padi selang tahun ini lumayan memuaskan hasilnya," ujar Yono, warga Desa Karang Raja.

Petani lain Pahmi juga menyatakan, panen padi seharusnya hanya setahun sekali, akan tetapi dari pada sawah dibiarkan ditumbuhi rumput, alangkah baik kalau dimanfaatkan ulang dengan menanam padi kembali atau dengan menanam sayuran yang hidup diperairan dangkal seperti kangkung dan genjer. "Memanfaatkan sawah yang sudah dipanen, sehingga hasilnya akan berguna untuk kehidupan ekonomi kita sehari-hari," tambah Pahmi.

Ditambahkan juga oleh Sur, warga Desa Muara Lawai, padi selang ini bertujuan untuk mengurangi pengeluar bercocok tanam tahun depan. Ditambahkan lagi untuk memanfaatkan sawah yang sudah digarap pada panen raya pertama. Untuk tahun ini, padi selang lumayan hasilnya di desa mereka, biasanya panen padi selang tidak begitu bagus. Lantaran menggunakan sawah tadah hujan.  "Kita berharap  masyarakat yang melakukan padi selang hasilnya bagus dan hasilnya bermanfaat bagi mereka sendiri," harap Sur.

Sementara itu, salah satu kepala desa mengatakan, tahun ini panen padi selang di desa mereka lumayan bagus. “Semoga setiap tahunnya selalu begitu agar masyarakat dapat terbantu ekonominya,” katanya. (PS/EDWARD)


Komentar Anda

Terkini: