Peluncuran MTQN ke 27 Tahun 2018, Pj Gubsu Minta Dukungan Masyarakat

/ Kamis, 12 Juli 2018 / 18.41.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Kegiatan Peluncuran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Nasional ke XXVII di Sumatera Utara (Sumut) 2018, ditandai penekanan tombol sirene oleh Penjabat Gubernur Sumut (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA bersama Dirjen Bimas Islam Kemenag Muhammadiyah Amin di Hotel Santika, Kamis (12/7). Seluruh masyarakat pun diminta mendukung acara berskala nasional di provinsi ini.

“Kehadiran kita di sini merupakan suatu dukungan nyata terhadap Provinsi Sumatera Utara selaku tuan rumah. Karena acara Launching MTQ bertujuan untuk mensyiarkan dan memberitahukan kepada masyarakat, bahwa akan ada acara berskala nasional dan besar di Sumut,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo dalam sambutannya.

Penunjukan Sumut sebagai tuan rumah MTQ Nasional XXVII 2018, kata Eko, merupakan sebuah penghargaan bagi seluruh warga. Penetapan tersebut juga menjadi peluang emas bagi provinsi ini dalam mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Selain sebagai ajang syiar agama, juga berdampak kepada pembinaan kehidupan beragama, khususnya pengembangan Tilawatil Quran.

“MTQ Nasional ini akan memperlombakan tujuh cabang dan 18 golongan yang akan diikuti utusan kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia. Pelaksanaannya akan berlangsung selama 7 hari mulai 6-12 Oktober 2018. Seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Sumut, khususnya Kota Medan dan Deli Serdang telah siap mensukseskan penyelenggarannya,” jelasnya.

Seluruh elemen masyarakat Sumut, lanjut Eko, dari berbagai latar belakang agama, suku, etnis maupun budaya, siap menerima dan menyambut para kafilah dari seluruh provinsi. Untuk itu, telah disiapkan sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan. Diantaranya arena utama (astaka) yang berlokasi di kawasan Gedung Serbaguna Pemprov Sumut di Jalan Willem Iskandar/Pancing.

“Selain itu, tempat acara permusabaqahan (perlombaan) tersebar di beberapa kampus seperti Unimed, UIN Sumut dan Akademi Pariwisata Medan. Juga ada di Lapangan Merdeka Medan, Istana Maimun dan Asrama Haji Medan,” sebut Eko, sembari memperkenalkan maskot Ayam Jago di MTQN XXVII kali ini.

Agenda nasional dua tahunan ini, lanjut Eko, diharapkan dapat meningkatkan syiar Islam dan silaturahim bangsa, melahirkan semangat keberagamaan dan pengaktualisasian kembali nilai-nilai ajaran Islam. Serta mempererat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

“Semoga dengan semangat MTQ ini kita dapat semakin meningkatkan kerukunan, kedamaian dan keramahan dalam keberagamaan kita sebagai umat manusia. Mari kita ciptakan kehidupan antar umat beragama yang harmonis, penuh toleransi dan kasih sayang, serta menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia yang wajib dilindungi,” jelasnya.

Aplikasi e-MTQ
Sementara itu, mewakili Menteri Agama RI, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan MTQN XXVII di Sumut kali ini, pihaknya telah melakukan inovasi terhadap proses pendaftaran dengan aplikasi e-MTQ. Untuk peserta, tercatat ada 1872 orang yang mendaftar dengan ketentuan persyaratan yang sudah diatur, dimana nama-nama tersebut diserahkan kepada Dirjen Capil Kemendagri untuk diverifikasi seluruh e-KTP masing-masing.

“Ternyata ada 36 orang yang harus dinyatakan gugur. Nanti kami akan umumkan siapa yang gugur itu untuk melakukan sanggahan kepada kami. Karena itu seremonial seperti ini penting dalam rangka launching, paling tidak logo,” lanjutnya.
Pada Pelaksanaan MTQN ini mengambil tema “MTQ Wujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Quran”. Amin pun menekankan kepada panitia, baik pusat maupun daerah untuk mengintensifkan koordinasi dan komunikasi, baik formal, informal dan personal. Kemudian kesiapan fisik dan non fisik, transparansi anggaran dan persiapan peserta oleh masing-masing daerah.

“Saya berharap pelaksanaan ini dapat mengangkat dan memajukan syiar Islam, menuju insan Quran. Beberapa bulan ini sampai pada pelaksanaan kami ingin terlaksana dengan sebaik-baiknya,” sebut Amin yang menyampaikan rencana kehadiran Presiden RI Joko Widodo pada even skala nasional ini.

Pada kegiatan tersebut hadir sejumlah perwakilan provinsi se-Indonesia, Forkopimda, Walikota Medan  Dzulmi Eldin, Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut Drs H Tengku Darmansah MA, Pemkab Deli Serdang, serta para pimpinan OPD yang juga menjadi panitia pelaksana di daerah.

Tinjau
Setelah acara launching di Hotel Santika Dyandra, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin bersama rombongan meninjau lokasi penyelenggaraan MTQN di area Jalan  Williem Iskandar/Pancing, Deli Serdang.

Melihat pembangunan di area ini, Amin yakin Sumatera Utara siap

menyelenggarakan MTQN. “Melihat perkembangan pembangunan di sini, saya yakin Sumatera Utara siap untuk menyelenggarakan MTQ Nasional XXVII. Untuk pembangunan di sini sudah mencapai 60%, sebelum bulan Oktober saya yakin ini akan selesai,” ujarnya. (PS/HASAN BASRI)
Komentar Anda

Terkini: