Pemkab Karo Adakan Seminar Menuju Desa Mandiri

/ Selasa, 07 Agustus 2018 / 20.12.00 WIB
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Wabup Karo Corry S Sebayang dan Lainya saat Foto Bersama usai Acara Seminar. POSKOTA/BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM - KARO - Pemerintah Kabupaten Karo bekerjasama dengan Yayasan Friedrich Ebert Stiftung (FES) Perwakilan Indonesia, Kemenko PMK dan Seknas FITRA selenggrakan acara Seminar Menuju Desa Mandiri, Sejahtera Dan Berkeadilan, Inovatif Serta Berkelanjutan, berlangsung di  Sinabung Hotel, Berastagi, Selasa (7/8/2018) dan dibuka secara resmi oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Seminar ini diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa se kabupaten Karo bertujuan : memberikan wawasan tata kelola pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntable kepada para Kepala Desa dan aparatnya, meningkatkan pemahaman Kepala Desa dan Aparat Desa akan peran dan tanggung jawabnya, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih terlibat dan bertanggung jawab terhadp program - program pembangunan di pedesaan, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada Desa tentang pentingnya peningkatan kapasitas pemimpin dalam mendorong inovasi dan pembangunan.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam mengawali sambutannya mengatakan, terima kasih kepada Kemenko PMK, FES perwakilan Indonesia dan Seknas FITRA yang telah bekerjasama dengan Pemkab Karo dalam menggelar seminar ini.


“Pemerintah Kabupaten Karo menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada Kemenko PMK, FES perwakilan Indonesia dan Seknas FITRA yang telah melaksanakan serangkaian program dan kegiatan di Kabupaten Karo”, ucapnya.

Bupati Karo juga menambahkan, bahwa Langkah awal untuk melaksanakan perspektif Desa membangun adalah Human Development Orientation atau pengembangan yang diorintasikan pada manusianya yang menitik beratkan pada unsur KOMITMEN, PENGETAHUAN dan KEMAMPUAN.


“Melalui seminar ini diharapakan adanya pengembangan ketiga unsur tersebut bagi kita semua khususnya Kepala Desa, BPD, dan Aparatur Desa. Seperti peran dan tanggung jawab Pemerintahan Desa, perencanaan pembangunan Desa, tata kelola pengelolaan anggran Desa, pentingnya inovasi dalam pembangunan Desa maupun peningkatan kesadaran masyarakat untuk lebih terlibat dalam program - program pembangunan Desa, sehingga nantinya bisa tercipta Desa di Kabupaten Karo yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan, inovatif serta berkelanjutan”, ungkap Terkelin.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, Kabiro Perencanaan dan Kerjasama Kemenko PMK Bapak Yatti Yohan, Anggota DPR RI Budiman Sudjatmiko, Ketua DPRD Karo Nora Else, Anggota DPRD Karo Mansur Ginting, Dosen UGM DR. Arie Soejito, Dormiana Tustina Manurung dari FES perwakilan Indonesia, Rurita Ningrum dari Seknas FITRA, Asisten, Pimpinan OPD dan Camat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Karo. (PS/BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: