Bentuk Kebijakan Inovasi E-Governance Adalah E-Kinerja

/ Selasa, 04 September 2018 / 22.21.00 WIB
Kaban Litbang Hobol Zulkifli Rangkuti SSos MM. POSKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - Dalam rangka Pengelolaan Kepemerintahan yang harus dipenuhi dengan kebijakan - kebijakan berpihak terhadap masyarakat, E-Kinerja yang saat ini telah ditekankan secara Nasional untuk diterapkan, merupakan salah satu bentuk kebijakan Inovasi E-Governance (Tata Kelola Pemerintahan) sesuai dengan Peraturan Pemerintahan Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Penerapan Aplikasi E-Kinerja berdasarkan Sasaran Kerja Pegawai.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Labuhanbatu melalui Kaban Litbang Hobol Zulkifli Rangkuti SSos MM, Senin (3/9/2018) Pagi dalan Upacara Apel Gabungan Kelompok I dan II di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu, berlangsung di Halaman Diklan BKPP Labuhanbatu.

Hobol Rangkuti menjelaskan, Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja yang bertujuan untuk meningkatkan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan sasaran untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan keseluruhannya bertujuan untuk Peningkatan Efisiensi dan Efektifas Belanja Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Hobol Rangkuti juga menjelaskan, bahwa Penerapan E-Kinerja sesuai dengan Surat Edaran Bupati Labuhanbatu, sampai saat ini masih banyak Pegawai yang belum mengisi Biodata Pegawai dan menginput Kegiatan Harian Pegawai sesuai Tugas Pokok dan Fungsinya.

Diharapkannya, kepada seluruh ASN yang telah diberikan username dan Password agar mengisi Data ASN serta melaporkan Kegiatan Harian melalui Aplikasi tersebut, dimana nantinya sebagai Dasar Pemberian Tunjangan Kinerja Daerah.

Pihaknya juga mengharapkan, pekerjaan-pekerjaan ASN jangan terjebak pada rutinitas yang monoton, harus berinovasi, karena Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu telah berkomitmen dan membangun Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah).

"Oleh karena itu, manfaatkan jaringan yang telah ada dan berbagi pakai sesuai regulasi", sebut Hobol.

Dikatakannya lagi, dalam rangka meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Perangkat Daerah secara bertahap menerapkan sistem informasi yang terintegrasi antar Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pemerintah Pusat dengan menggunakan Infrastruktur dan Aplikasi secara berbagi pakai.

Hobol juga mengatakan, walaupun ada kejadian yang mengecewakan, agar segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu tetap memiliki komitmen untuk menjalankan tugas dan amanah, juga dapat mengelola Pemerintahan yang lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang ingin dicapai yaitu Pencapaian Innovative Government Award (IGA) seperti Penerapan Perda APBD tepat waktu, Opini BPK atas LKPD minimal Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Penggunaan E-Government dan Penerapan Inovasi Daerah. (PS/OKTA)
Komentar Anda

Terkini: