Dita: Anggota Legislatif Wajib Bantu Masyarakat Akses Program Pemerintah

/ Minggu, 30 September 2018 / 20.08.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-
Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dita Indah Sari menyatakan, anggota legislatif memiliki kewajiban memberikan informasi kepada masyarakat tentang program-program pemerintah dan memberi pengarahan serta membantunya agar bisa mengakses dan memanfaatkan program itu.

“Anggota legislatif itu tidak harus membagi-bagikan uang dari sakunya sendiri kepada masyarakat konsituennya untuk mendapatkan simpati dan dukungan. Seberapa kaya pun dia pasti akan jatuh miskin, dan dia akan cenderung koruptif jika menjabat untuk bisa mengembalikan uangnya serta memperkaya diri sendiri," katanya.

Hal itu disampaikan Dita Indah Sari yang juga caleg DPR RI dapil Sumut 1 dari PKB ketika berdialog pada acara silaturrahmi dengan pimpinan perwakilan majelis taklim dan perwiritan Kecamatan Medan Selayang dan Medan Johor di Jalan Bunga Kenanga, Padang Bulan, Medan, Sabtu malam (29/9).

Disebutkan Dita, program pemerintah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat sangat banyak, dan itu ada di pemerintah kabupaten/kota, propinsi dan pusat. Programnya juga sangat banyak, mulai dari program dana desa, bantuan dan pemberdayaan koperasi, usaha kecil dan menengah, sektor pertanian, bantuan sosial, kesehatan dan pendidikan.

“Tetapi, masyarakat banyak yang tidak tahu. Jika pun tahu, hanya sebahagian yang faham dan mampu mengaksesnya. Di kabupaten/kota, semua dinas itu sebenarnya ada program pemberdayaan masyarakatnya. Itulah tugas anggota dewan, selain tugas dan fungsi membuat anggaran, legislasi dan pengawasan. Anggota dewan harus memberi tahu dan menyambungkan masyarakat yang memang berkompeten untuk bisa mengakses program yang ada. Anggota DPRD kabupaten/kota ke dinas-dinas kabupaten/kota, propinsi ya ke propinsi, dan DPR RI ke kementerian dan instansi nasional,” jelas Dita.

Dialog dengan sekitar 60 orang ibu-ibu pimpinan majelis taklim dan perwiritan dari dua kecamatan yang dipandu Hj Sukiatmi, kepala perwiritan Pasar 1 dan 2 Padang Bulan, berlangsung sangat akrab, hangat dan terbuka. Sejumlah pimpinan perwiritan dan majelis taklim seperti Hj Nurainun kepala majelis pengajian Medan Johor, Hj Sumarni kepala perwiritan Kwala Bekala Simpang Gudang, Sulasmi kepala perwiritan Pasar 7 Medan Selayang, dan lainnya, sangat aktif bertanya dan memberikan masukan-masukan.

Dita banyak mendapat pertanyaan dan masukan tentang program-program dari kementerian tempat ia masih bergabung saat ini yakni di Kementerian Desa, program pemerintah secara umum maupun programnya ke depan bila ia berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI. Dita pun menjawab semua pertanyaan dengan sangat lugas dan jelas.

Sedangkan untuk masukan Dita menyampaikan terima kasih dan akan memperhatikan masukan yang diberikan kepadanya.
Sebagai tamu, Dita beserta rombongan sebelumnya disambut ibu-ibu dengan lantunan pembacaan ayat suci Al-Quran dan syalawat badar.

Para ibu-ibu berharap agar Dita sering turun ke masyarakat baik sebelum terpilih maupun setelah terpilih agar dapat menyerap lebih banyak aspirasi masyarakat bawah.

Mereka juga mendoakan Dita dapat terpilih dan mendapat kepercayaan dari masyarakat menjadi pemimpin yang amanah. Setelah silaturrahmi dan dialog, acarapun dilanjutkan dengan berfoto bersama. (PS/HASAN BASRI)
Komentar Anda

Terkini: