Semua Masyarakat Sumut Tuan Rumah MTQN XXVII

/ Kamis, 13 September 2018 / 01.44.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - MEDAN – Sekrertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Dr Ir H R Sabrina MSi mengatakan seluruh masyarakat Sumut adalah tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII tahun 2018, tanpa kecuali. Untuk itu, seluruh komponen masyarakat, khususnya media massa, diharapkan membantu untuk mensosialiasikan kegiatan akbar tersebut.

Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Sumut Sabrina, yang juga sebagai Ketua Umum Panitia MTQN XXVII saat memberi pemaparan tentang persiapan MTQN di acara seminar informasi aktual Biro Humas dan Keprotokolan Provinsi Sumatera Utara di Hotel Grand Antares, Medan, Rabu (12/9).

Sabrina mengatakan, berbagai upaya untuk memeriahkan acara akbar tersebut merupakan bagian dari partisipasi. “Mari bersama-sama kita, masyarakat Sumatera Utara untuk memeriahkan dan menjadi tuan rumah yang baik, kawan-kawan media ini juga bagian masyarakat Sumatera Utara, jadi kawan-kawan media bantu meriahkan MTQN,” katanya.

Dengan begitu tuan rumah akan mendapatkan marwah yang baik di mata tamu. “Karena kedatangan tamu kita, berdampak ekonomi, di situ kita juga bisa mengenalkan transportasi kita yang khas seperti becak,” katanya.

Terkait dengan persiapan MTQN, Sabrina mengatakan panitia telah siap. Panitia telah berkoordinasi dengan Kemenag terkait hal tersebut. Khususnya dengan persiapan acara pembukaan MTQN yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo. Untuk itu, panitia selanjutnya akan berkoordinasi dengan protokol istana guna menyesuaikan jadwal kunjungan presiden.

“Astaka atau arena utama MTQ telah selesai 100 persen, kita juga telah menyiapkan undangan ke seluruh provinsi di seluruh Indonesia, dan beberapa hal lain juga telah siap,” ujarnya.

Selain itu, infrastruktur atau sarana jalan menuju astaka di Jalan Pancing juga telah siap. Pedagang-pedagang yang berada di pinggir jalan juga telah dikondisikan oleh Pemko Medan. “Meski begitu, pedagang-pedagang yang telah dipindahkan tetap diberi pengarahan bahwa pemindahan mereka merupakan bagian dari dukungan mereka kepada acara MTQN, selain itu mereka juga diberikan tempat yang baru, kita juga prioritaskan masyarakat agar tetap punya penghidupan,” katanya.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Muhammadiyah Amin MAg mengatakan MTQN adalah acara yang bergengsi, banyak gubernur yang meminta untuk menjadi tuan rumah MTQN. “Tidak banyak daerah yang menjadi tuan rumah MTQ Nasional sebanyak dua kali. Hanya Kota Medan (Sumatera Utara) dan Mataram, yang pernah menjadi tuan rumah MTQ Nasional dua kali. Ada 9 daerah yang belum pernah jadi tuan rumah,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Amin, MTQN merupakan momentum memperat ukhuwah Islamiyah, terutama generasi muda, untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan Al-Quran.

Sementara itu, akademisi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Syahrin Harahap mengatakan penyelenggaraan MTQN di Sumut akan mendatangkan pemasukan bagi daerah. “Yang akan datang nanti bukan hanya kafilah, keluarga-keluarganya juga akan datang,” katanya.

Untuk itu, Syahrin mengharapkan media juga membantu memeriahkan MTQN yang diadakan di Sumatera Utara tersebut. “Ini semua untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara,” ujarnya.

Usai acara seminar, seluruh peserta dan nara sumber yang hadir, juga melakukan peninjauan ke lokasi atau arena utama (Astaka) pelaksanaan MTQN XXVII di Jalan Pancing, yang telah rampung 100 % pembangunannya. (PS/HASAN BASRI)
Komentar Anda

Terkini: