HUT Ke 73 Pemkab Labuhanbatu, Buah Perjuangan Para Pejuang

/ Kamis, 18 Oktober 2018 / 15.23.00 WIB
Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT Saat Menyampaikan Sambutannya. POSKOTA/OKTA

POSKOTASUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - Perayaan HUT Pemkab Labuhanbatu ke-73, Plt Bupati H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengajak seluruh masyarakat agar kembali mengenang sejarah panjang perjalanan terbentuknya Kabupaten Labuhanbatu. 

Andi Suhaimi menjelaskan, bahwa ini merupakan hasil perjuangan besar dari para tokoh pejuang Labuhanbatu. 

Pelaksanaan HUT Pemkab ke - 73 yang berlangsung di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Rabu (17/10/2018), turut dihadiri Gubsu yang diwakili Kadis UKM Provsu Amran Uthe, Ketua MPW PP Sumut H Kodrad Shah, Wakil Bupati Labusel Kholil Zufri Harahap, Wakil Walikota Tanjung Balai Drs H Ismail, Unsur Forkopimda Labuhanbatu, para Kepala OPD, Ketua DPRD, dan Camat serta Kepala Desa/Lurah se - Kabupaten Labuhanbatu. 

"Hari jadi adalah tonggak sejarah yang berperan sebagai rujukan dalam memacu semangat Daerah. Implikasinya akan sangat besar dalam rangka mengisi pembangunan dalam skala Nasional, kedudukan daerah kita menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia", sebut Andi. 

Dikatakannya, Peringatan HUT Pemkab Labuhanbatu diwarnai dengan Festival Ini sebagai sarana Edukasi, Promosi dan Publikasi untuk memperkenalkan hasil Industri, Perdagangan, Pertanian, Perkebunan, UMKM, Kebudayaan dan Pariwisata. 

"Harapan kita agar senantiasa melakukan inovasi kreatif guna menggerakkan roda perekonomian di masyarakat", ucapnya.

Ia juga menghimbau seluruh aparatur Pemerintah dan Komponen Masyarakat untuk saling bahu membahu membangun Labuhanbatu dengan merapatkan barisan dan membangun persatuan yang kuat dalam jalinan tali persaudaraan dan rasa solidaritas yang tinggi, sehingga menciptakan suasana aman, tentram guna kelancaran pembangunan di daerah. 

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili oleh Kepala Dinas Usaha Kecil Menengah (UKM) Amran Uthe MAP mengungkapkan, peringatan hari jadi ini secara Filisofi memiliki 3 makna, yakni Retrosefektif, artinya melihat masa lalu sebagai rantai sejarah, Introspektif, artinya sebagai sarana mawas diri dan Prosfektif berupaya mendesain sebuah Formula masa depan berdasarkan Realita.

Dalam kesempatan itu, Gubsu mengajak seluruh masyarakat untuk melupakan perbedaan yang terjadi saat Proses Pilgubsu, Proses Demokrasi memang menimbulkan perbedaan, namun masyarakat tidak perlu terpecah. 

"Mari Kita fokus menuju Sumut bermartabat, sesuai dengan Visi yakni untuk mewujudkan Sumatera Utara maju, aman, sejahtera dan bermartabat", sebut Amran Uteh. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Dahlan Bukhori pada kesempatan itu menyampaikan, peringatan ini sesungguhnya bukanlah suatu Prosesi Seremonial semata, namun harus selalu ditempatkan sebagai Energi Positif dari sebuah momentum istimewa yang mampu mendorong Performa dan kinerja dalam Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik di Labuhanbatu. 

"Pada hari jadi kali ini Kami ingin mengarahkan Persepsi kita untuk lebih melakukan pendekatan hubungan kekeluargaan antara beragam agama, adat suku dan budaya yang ada pada daerah kita yang heterogen ini. Hal ini menunjukkan rasa nasionalisme yang tinggi dalam semangat para penyelenggaraan pemerintahan daerah", ujar Dahlan. 

Sementara, Asisten Administrasi Pemerintahan Nasrulla SH yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa kebersamaan serta silahturahmi antara Pemkab dengan para Stakeholder guna mewujudkan Pembangunan Sejahtera 2020, Labuhanbatu lebih hebat dan berdaya Tahun 2025.

Adapun rangkaian yang telah dilaksanakan mulai dari tanggal 14 Oktober yaitu anjangsana ke Panti Jompo dan Panti Asuhan, penilaian Kecamatan terbaik tingkat Kabupaten Labuhanbatu, Penilaian Desa dan Kelurahan Unggulan, Trabas Trail Extrim, Kicau Mania, Jalan Santai serta Lomba Tarik Tambang Putra, Gala Panjang Putri, Lomba Bakiak dan Dayung Sampan yang dilaksanakan di Kecamatan Bilah Hilir.

Pelaksanaan syukuran dan Resepsi HUT Kabupaten Labuhanbatu ke -73 turut dimeriahkan oleh Penampilan Yari Persembahan dari 100 anak - anak PAUD se - Labuhanbatu, Festival Seni Budaya 12 Etnis dan Hiburan, Karnaval Seni Busana Kreatif tingkat SLTA, Parade Sepeda Hias tingkat SD, Parade Becak Hias tingkat SMP/MTS, Parade Mobil Hias dan Pameran Investasi. (PS/OKTA)
Komentar Anda

Terkini: