Sambangi Pengidap Disabilitas, Ilham Pohan Kawal Pendataan Warga Miskin

/ Sabtu, 06 Oktober 2018 / 00.13.00 WIB
Sekretaris Komisi B DPRD Labuhanbatu Ilham Pohan Ketika Dikonfirmasi Awak Media. POSKOTA/R1

POSKOTASUMATERA.COM - LABUHANBATU - Usai menjenguk Nurjannah (7) Warga Dusun Kampung Jawa, Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Labuhanbatu mengunjungi beberapa Rumah Warga yang diketahui Pengidap Disabilitas dan tidak mendapatkan Bantuan Beras Sejahtera dan PKH (Program Keluarga Harapan) yang menjadi temuan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Labuhanbatu.

"Dari Rumah Nurjannah, Kita langsung mengunjungi beberapa Rumah Warga yang mengidap Penyakit Disabilitas di Desa Tanjung Siram Kecamatan Bilah Hulu. Ada 4 yang menjadi Laporan LPA Labuhanbatu kepada Saya. Maka dari itu, Saya lanjut mengunjungi warga - warga tersebut", ujar Ilham Pohan.

Miris, katanya lagi, saat melihat kondisi rumah Boru Hasibuan yang anaknya mengidap Penyakit Disabilitas. Rumah teras kayu tersebut memang sudah selayaknya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Seperti, Bantuan Jaminan Kesehatan, Rastra (Beras Sejahtera) dan Bantuan Bedah Rumah. 

"Warga yang kita kunjungi ini, memang sudah sangat layak untuk mendapatkan Bantuan. Hal pertama, anaknya mengidap Penyakit Disabilitas. Ini seharusnya sudah mendapatkan Jaminan Kesehatan dari pihak Pemkab Labuhanbatu sejak dulu. Karena, ini sudah cukup lama tidak terpantau oleh Pemkab Labuhanbatu. Jaminan kesehatan tidak dapat, Rastra juga, sampai kondisi rumahpun memang selayaknya mendapat bantuan Bedah Rumah. Untuk ke depannya, Saya akan kawal Pendataan Warga Miskin", terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan Manurung melalui Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Pencegahan Penyakit Menular Daniel H Manurung mengutarakan, pihak Dinas Kesehatan akan berupaya memfasilitasi Pengobatan kepada warga yang mengidap Penyakit Disabilitas. 

"Untuk hal ini, kita tetap memfasilitasi Pengobatan Warga. Sesuai dengan Program Bupati Labuhanbatu, Dinas Kesehatan selalu melakukan Pendataan di setiap Desa dan Dusun mengenai Kesehatan", kata Daniel.

Sementara, Ketua LPA Labuhanbatu Oslan Amrizal Saragih ST melalui Sekretaris Muhammad Azhar Harahap ST mengungkapkan, mengenai temuan tersebut, sebelumnya sudah ditindak lanjuti ke pihak Dinas Sosial dengan memberikan Bantuan berupa Kursi Roda kepada setiap warga Pengidap Disabilitas. Namun, bantuan Kursi Roda, menurutnya belum bisa bermanfaat bila kesehatannya belum dijamin oleh pihak Pemkab Labuhanbatu. 

"Kita sudah melaporkan ke Dinas Sosial, Bantuan Kursi Roda sudah disalurkan. Akan tetapi, kita masih butuh Jaminan Kesehatan kepada anak dari Boru Hasibuan tersebut.  Untuk itu, kita perlu membicarakan hal ini ke DPRD Labuhanbatu dan Dinas Kesehatan. Alhamdulillah, berkat kemitraan yang baik, anak - anak dan orang tua telah menjadi perhatian Pemkab Labuhanbatu. Baik segi Kesehatan dan lainnya", jelas Azhar.

Hal keterkaitan dengan Pendaftaran beberapa masyarakat untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah, Kepala Desa Tanjung Siram Nikkon Hasibuan SH mengatakan, persyaratan untuk mendapatkan bantuan telah dipersiapkan dan telah diajukan. Namun, entah berkilah atau tidak, dia menuturkan tidak tahu dimana kendalanya. 

"Persyaratan berkas warga - warga untuk mendapatkan telah kita ajukan. Mengenai kendala, saya tidak tahu dimana kendalanya. Intinya, pihak Kami telah mengajukan ke pihak terkait", ujar Nikkon. (PS/R1)

Komentar Anda

Terkini: