Syaufia Lina : PKK Bertujuan Membangun Keluarga Sejahtera

/ Jumat, 12 Oktober 2018 / 19.48.00 WIB

Foto Bersama : Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Tim PKK Kecamatan serta Desa Foto Bersama Usai  Melaksanakan Bimbingan Teknis LP3K - PKK. POSKOTA/BERMAWI
 
POSKOTASUMATERA.COM - PADANGSIDIMPUAN - Kecamatan Saipar Dolok Hole dan Aek Bilah Kabupaten Tapanuli Selatan laksanakan Bimbingan Teknis Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan bagi Tim Penggerak PKK (LP3K - PKK), diikuti sebanyak 140 orang Kader PKK Desa dan BPD berasal dari Dua Kecamatan tersebut yang dipusatkan di Aula Kantor Camat SD Hole, Kamis (11/10/2018). 

Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ny Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu yang menjadi Narasumber dalam acara tersebut mengharapkan, dengan terlaksananya kegiatan tersebut bisa meningkatkan kemampuan Pengurus PKK dalam memahami tugas - tugasnya, sehingga nantinya akan dapat berperan secara langsung bagi Peningkatan Pemberdayaan Keluarga dalam masyarakat. 

Syaufia juga menjelaskan, PKK merupakan Gerakan Nasional yang Terstruktur dan Terencana mulai dari pusat sampai ke Desa, RT dan RW, dimana PKK memiliki Program kerja yang sama di seluruh Indonesia yang saat ini Ketua Umum PKK Pusat dijabat oleh Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo istri dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo", jelasnya. 

Lebih lanjut Syaufia mengatakan, syarat untuk menjadi anggota PKK sangatlah mudah yaitu terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia baik Laki - Laki maupun Perempuan. Selanjutnya, orangnya harus waras atau tidak hilang ingatan dan tidak dalam Pengampuan atau orang dibawah Kuasa Hukum, serta mempunyai Jiwa Relawan (Bekerja Tanpa Pamrih). 

Selain itu, PKK diisi oleh orang - orang hebat yang bekerja tanpa Pamrih untuk seluruh Rakyat Indonesia dalam membangun dan membentuk Keluarga yang sejahtera, dengan melalui 10 Program PKK yang dibagi kepada 4 Pokja (Kelompok Kerja). 

Dijelaskannya lagi, bahwa sumber Keuangan PKK sendiri berasal dari APBN melalui Dana Desa, APBD melalui Anggaran Dana Desa dan Sumbangan lain yang tidak mengikat.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Tapsel juga meminta di Tahun 2018 semua Desa harus mempunyai Bumdes dalam usaha menggerakkan Ekonomi Kerakyatan. Selain itu, seluruh PKK Desa juga harus menyusun Program dalam menggunakan Dana Desa agar bisa menjadi Perempuan Bijak di Desa dalam menggerakkan usaha yang Suistainable atau berkelanjutan. 

Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu SH dalam kata sambutannya saat membuka acara tersebut diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa M Yusuf Nasution SP mengapresiasi seluruh Kepala Desa yang telah mengalokasikan Dana Desa nya untuk kegiatan Pembinaan PKK. 

Syahrul berharap, PKK dapat bersinergi dengan kelembagaan Pemerintahan Desa lainnya, seperti BPD dan LPMD. Peran aktif PKK juga diharapkan dalam Pelaksanaan Musrembang Desa, sehingga, kegiatan - kegiatan PKK dapat diakomodir pada anggaran yang berasal dari APBD dan Dana Desa, sehingga kedepan akan mampu memberikan peran yang lebih besar dalam membangun Desa. 

"Dalam membangun Desa, Kita harus menjunjung tinggi kejujuran,  keikhlasan yang didasari dengan disiplin. Sebagai contoh kecil dalam usaha ikut membangun Desa diantaranya adalah dengan menjaga kebersihan di Desa masing - masing", ucapnya. 

Sementara itu, Camat SD Hole Adil Makmur Pangaribuan dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada Ketua TP PKK Tapsel yang bersedia menjadi Narasumber pada acara tersebut. Adil berharap agar materi yang disampaikan Ketua TP PKK Tapsel bisa membawa manfaat kepada seluruh Kader Desa khususnya dan masyarakat Kecamatan SD Hole dan Aek Bilah umumnya. 

Adil juga berharap, Kegiatan yang dananya bersumber dari Dana Desa tersebut juga diharapkan bisa meningkatkan keterampilan dalam membangun kesamaan persepsi guna pemberdayaan PKK. 

Dalam acara tersebut, dilakukan Penyerahan Kaos kepada seluruh Kader PKK se - Kecamatan SD Hole dan Aek Bilah oleh Ketua PKK Tapsel yang didampingi Kaban PMD, Camat SD Hole dan Camat Aek Bilah. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: