Gemasila Labuhanbatu Seruduk Kantor Dinkes, Tuntut 10 Pejabat Terindikasi Korupsi TA 2017 Ditangkap

/ Kamis, 15 November 2018 / 12.53.00 WIB
Aksi Unjuk Rasa Gemasila Di Depan Kantor Dinkes Labuhanbatu. POSKOTA/OKTA

POSKOTIS SUMATERA.COM - RANTAUPRAPAT - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Revolusi Labuhanbatu (Gemasila) berunjuk Rasa di depan Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Labuhanbatu, Kamis (15/22/2018)

Dalam orasinya, Koordinator Aksi Lapangan Agus Salim Daulay menyerukan, bahwa banyak terjadi Dugaan Korupsi yang menyelimuti Proses Penggunaan Anggaran di Dinkes Labuhanbatu Tahun Anggaran (TA) 2017.

Dugaan Korupsi tersebut, menurut Agus, dilakukan oleh 10 Pejabat Teras di Lingkungan Dinkes Labuhanbatu, untuk itu pihaknya meminta agar ke 10 Pejabat Dinkes tersebut mempertanggungjawabkannya.

Dalam Selebaran yang dibagikan oleh Massa Pengunjuk Rasa, terdapat 8 Tuntutan tertulis Gemasila terhadap Pemkab Labuhanbatu dan Pihak Yuridis, diantaranya : 1. Meminta Kadis Kesehatan Labuhanbatu agar segera mengklarifikasi terkait Dugaan Penyalahgunaan Belanja Anggaran Program Upaya Kesehatan Masyarakat TA 2017.

2. Meminta Kadis Kesehatan Labuhanbatu agar segera mengundurkan diri dari Jabatannya, karena diduga terlibat Penyalahgunaan Belanja Anggaran dimaksud.

3. Meminta Plt Bupati Labuhanbatu untuk segera memerintahkan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) sesuai PP No. 60 Tahun 2008 agar segera melakukan Audit Dugaan Penyalahgunaan Anggaran tersebut. 

4. Meminta Plt Bupati Labuhanbatu agar menegakan Supremasi Hukum UU No. 31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan UU No. 28 Tahun 2001 Tentang ASN bersih dari KKN tidak terkecuali Dinkes Labuhanbatu

5. Meminta Plt Bupati Labuhanbatu bersama APIP agar tidak ada rekayasa dalam mengaudit Dugaan Korupsi Dinkes Labuhanbatu secara jujur dan profesional

6. Meminta Plt Bupati Labuhanbatu bersama APIP agar segera melimpahkan kembali Kasus Dugaan Korupsi tersebut kepada pihak Lembaga Negara Kejaksaan Negeri Labuhanbatu secepatnya.

7. Meminta kepada Kejaksaan Negeri Labuhanbatu agar supaya jujur dan terbuka dalam menyikapi tuntutan Gemasila terhadap Dugaan Kasus Korupsi JKN dan BOK Dinkes Labuhanbatu TA 2017.

8. Menangkap Oknum Pejabat Dinkes Labuhanbatu yang terlibat Korupsi Penggunaan Belanja tersebut TA 2017.

Pantauan Wartawan selama Unjuk Rasa berlangsung, terlihat Kepala Satpol PP Labuhanbatu Haris Aminullah, Ass I Hasan Heri dan Ass II Nasrullah, berusaha melakukan lobi dengan Pengunjuk Rasa, namun ditolak oleh Mahasiswa dari Gemasila. Mereka menginginkan Kadis Kesehatan Timur Bulan yang datang menjawab aspirasi mereka.

Saat Aksi Demo Gemasila masih berlanjut, sementara Haris Aminullah, Hasan Heri dan Nasrullah, beranjak meninggalkan Lokasi Unjuk Rasa. (PS/OKTA)

 
Koordinator Aksi Lapangan Agus Salim Daulay Saat Menyampaikan Orasinya Di Depan Kantor Dinkes Labuhanbatu. POSKOTA/OKTA
Komentar Anda

Terkini: