Pertama Di Indonesia, Bawaslu RI Resmikan Kampung Pengawasan Pemilu Di Asahan

/ Selasa, 20 November 2018 / 19.15.00 WIB
Ketua Bawaslu RI Abhan SH Saat Konfersi Pers Tentang Kampung Pengawasan Pemilu Tahun 2019 Di Asahan. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - ASAHAN - Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu) resmikan Kampung Pengawasan Pemilu di Desa Saya Lama Kecamatan Silo Laut Kabupaten Asahan, Saat (19/11/2018).

Kampung Pengawasan Pemilu ini, awalnya digagas oleh masyrakat dan murni dilakukan warga Desa untuk mencegah dan menolak Politik Uang (Money Politic) dan sara, menjelang Pemilihan Presiden RI dan Pemilihan Legislatif (Calon Anggota DPRD) pada 17 April 2019 mendatang.

Untuk memeriahkan Acara, sekaligus sebagai Bentuk Sosialisasi kepada Masyarakat, Abhan SU selaku Ketua Bawaslu RI beserta Bawaslu Sumut dan Kabupaten/Kota, para Kepala OPD Pemkab Asahan, juga Aparatur Desa, beserta Ratusan Warga Desa ikut melaksanakan Pawai Keliling Desa menggunakan Mobil Hias Ikan Raksasa yang merupakan ciri khas dari Desa tersebut.

Diketahui, selaku Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia, Abhan SH untuk pertama kalinya di Indonesia meresmikan Kampung Pengawasan Pemilu Tahun 2019 dan terletak di Desa Silo Lama Kecamatan Silo Laut Kabupaten Asahan.

Dalam sambutannya Abhan SH mengatakan, bahwa Warga Desa Silo Lama sangat memberikan Pesan Moral disepanjang Jalan Desa dengan bermacam bentuk ajakan dan larangan untuk menghindari Politik Uang (Money Politik) dan serta Mengawasi Demokrasi Jalannya Pemilu pada Tahun 2019 mendatang.

Selain itu, Abhan juga sangat mengapresiasi gagasan yang dilakukan warga dan nantinya berharap Kampung Pengawasan Pemilu tersebut dapat menjadi contoh buat Desa lainnya di Indonesia.

Persembahan Tatrikal Pertunjukkan Warga Desa Silau Laut Asahan. POSKOTA/SAUFI

Dalam Pidato Sambutannya, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang melalui Plh Asisten I Pemkab Asahan Jhon Hardi Nasution mengatakan, sangat mendukung Program Kampung Pengawasan yang dibentuk di Kecamatan Silau Laut, diharapakan kegiatan tersebut bisa mensukseskan Pemilu mendatang. 

"Konsep ini sangat Strategis untuk menekan Angka Pelanggaran Pemilu, sehingga Pemilu Asahan bisa dikatakan Pemilu Bersih dan Berkualitas", sebut Jhon Hardi.

Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan dalam kesempatan itu menyatakan, sangat beruntung dan bangga kepada masyarakat Kecamatan Silau Laut yang bersedia menjadikan daerahnya sebagai Kampung Pengawasan.

"Kampung Pengawasan partisipatif di Silau Laut Kabupaten Asahan ini, merupakan yang Pertama di Sumatera Utara, bahkan di Indonesia", sebut Syafrida.

Peresmian Kampung Pengawasan dihadiri oleh sejumlah Pengurus Bawaslu Kabupaten Asahan dan Kabupaten/Kota di Sumut, Parpol, KPU dan mewakili Gubsu, Mewakili Kapoldasu, Tokoh Masyarakat setempat serta undangan lainya dan sejumlah Wartawan Elektronik, Cetak dan Media Online.

Kegiatan dirangkai dengan sejumlah acara, seperti Persembahan Tatrikal Pertunjukkan dari Warga Desa Silau Laut Asahan, membuat  Peresemian Kampung Pengawasan di Asahan tersebut sangat meriah dan berjalan lancar. (PS/SAUFI)

Ketua Bawaslu RI Abhan SH Saat Menyampaikan Kata Sambutannya. POSKOTA/SAUFI
Komentar Anda

Terkini: