TPID Kecamatan Padangsidimpuam Hutaimbaru Dorong Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan

/ Rabu, 14 November 2018 / 21.56.00 WIB
Ketua TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Martuani Siregar Didampingi Bendahara Amirdansyah Siregar Ketika Dikonfirmasi Wartawan Tentang Program TPID Di Padangsidimpuan, Rabu (14/11/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM- PADANGSIDIMPUAN - Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru mendorong Produktifitas dan Pertumbuhan Ekonomi Pedesaan serta membangun Kapasitas Desa yang berkelanjutan, Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) melakukan Program Inovasi Desa (PID).

Demikian disampaikan Ketua TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Martuani Siregar didampingi Bendahara    Amirdansyah Siregar di Padangsidimpuan, Rabu (14/11/2018).

Disampaikannya lagu, Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari informasi, promosi, serta Forum Penyebaran dan Pertukaran Inisiatif atau Inovasi - Inovasi masyarakat yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa, guna menjadi solusi kegiatan Pembangunan Desa.

Ditambahkanya, bahwa jumlah TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru berjumlah 7 Orang yang langsung di SK kan oleh Camat Padangsidimpuan Hutaimbaru. 

"Untuk akhir Bulan November ini TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru akan memantau dan memberikan motivasi  Pembuatan  Obat - Obatan Herbal di Desa Hutapadang", sebutnya. 

Dikatakannya lagi, sebanyak 5 Desa yang ada di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru masing - masing Desa ada Inovasi baru yang akan dikembangkan seperti Desa Singali Pembuatan Kerupuk Sambal, Desa Tinjoman Pembuatan Dodol Salak dan Sirup Salak, Desa Sabungan Sipabangun Pembuatan Kerupuk.

Ia juga mengatakan, bahwa rencana akhir Bulan ini  TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru akan Ekspose Inovase Desa di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dihadapan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa,Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa,  Pendamping Lokal Desa (PLD), Kades, Unsur BPD, Tokoh Masyarakat dan PKK sebagai Perwakilan serta OPD terkait.

Menurutnya, hal ini bertujuaan antara lain untuk mendukung Pembangunan Desa yang lebih kreatif dalam mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Martuani Siregar selanjutnya menjelaskan, bahwa Program Inovasi Desa (PID) sangat membantu sekali bagi Desa dalam meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Dana Desa. 

“Program yang digagas oleh Kemendes ini sangat bagus, karena dalam PID ini nantinya Pemerintah Desa dapat menciptakan Inovasi -Inovasi baru terhadap Optimalisasi Pengelolaan Dana Desa”, ungkapnya.

Ditambahkannya, TPID  Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru terus mendampingi program ini, dan setelah terbentuknya TPID Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, pihaknya terus bergerak untuk menjalankan Program Inovasi Desa.

Ia berharap, Pengelolaan Dana Desa tidak hanya terfokus pada kegiatan Infrastruktur saja, akan tetapi juga di Bidang Pemberdayaan. Karena PID ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui Peningkatan Kapasitas Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan Pembangunan Desa secara berkualitas. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: