Kapolres Muara Enim dan Jajaran Pantau Pengamanan Malam Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

/ Selasa, 25 Desember 2018 / 22.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-
MUARAENIM-Menjaga rasa aman bagi umat Nasrani di Bumi Serasan Sekundang dalam pelaksanaan peribadatan Malam Natal 2018.

Hal ini guna ibadah berjalan  hingga momen ini berjalan lancar dan kondusif, tanpa ada gangguan dari pihak mana pun.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono SH SIK MH beserta jajarannya,melaksanakan pemantauan langsung pengamanan Malam Natal 2018 yang dilakukan oleh anggotanya di beberapa Gereja diwilayah hukum Polres Muara Enim, Senin (24/12/2018) malam.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Muara Enim, di dampingi Wakapolres Muara Enim, Kompol Ary Sudrajat SH, Kabag Ops Kompol Irwan, Kasatreskrim AKP Willian Herbensyah,Kasat Sabhara AKP Tony Arman SH, Kasat Intel AKP Roy Prima SIK, Kapolsek Lawang Kidul, AKP Imanuhadi SIK, serta Perwira Polres Muara Enim.

Mereka tiba di Gereja Protestan HKBP Injili Nusantara jema'at Bukit Asam (Talang Jawa), sekitar sekitar pukul 20.00 WIB.

Setelah itu mereka juga mengunjungi beberapa gereja lainnya yakni, Gereja Santo Yosef dan Gereja Pantekosta (Talang Jawa), serta gereja Maranatha (Desa Tegalrejo RT 14).

Dalam kunjungannya tersebut, selain memastikan anggotanya telah melaksanakan pengamanan semaksimal mungkin, AKBP Afner Juwono turut berbincang-bincang dengan pengurus dan jemaat Gereja, maupun dengan Pendeta/Pastur/Romo dimasing-masing gereja.

Terkait situasi keamanan disekitar Gereja. AKBP Afner Juwono disela pemantauan juga menyampaikan kepada jemaat gereja ataupun pastur agar tidak takut ataupun resah terkait gangguan kamtibmas ataupun aksi-aksi terorisme karena pihak Kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin dalam mengamankan rangkaian perayaan Natal sehingga dapat berjalan aman dan kondusif tanpa ada hambatan dan gangguan apapun.

"Kita laksanakan patroli ke beberapa gereja, namun sebelumnya pada sore hari nya kita melakukan sterilisasi keseluruh tempat yang akan dijadikan tempat ibadah di malam Misa Natal. Jadi ini kita laksanakan secara rutin mulai dari sore hari, malam dan esok pagi di hari Natal,termasuk pada saat malam tahun baru dan tahun barunya,"ujar Kapolres. 

Dikatakannya, semua upaya ini pihaknya lakukan untuk menciptakan rasa aman bagi Jemaat yang akan tengah beribadah malam Misa dan  perayaan Natal 2018 pada pagi harinya.

Kapolres juga menambahkan meskipun malam ini tidak semua Gereja yang ada di kabupaten Muara Enim dan PALi dapat dikunjungi pihaknya tetap melaksanakan patroli sembari melaksanakan pemantauan sehingga kondisi disekitar gereja senantiasa aman dan kondusif.

“Besok pagi (hari ini, red) pihaknya akan kembali melaksanakan pengamanan dengan mengerahkan seluruh anggotanya, mengingat esok hari hampir sebagian besar Gereja di wilayah hukum Polres Muara Enim melaksanakan kegiatan peribadahan maupun perayaan Misa Natal Pagi," tutup Kapolres Muara Enim, yang langsung melakukan kunjungannya ke Mapolsek Lawang Kidul. (PS/EDWARD)
Komentar Anda

Terkini: