Sungai Meluap, SMAN 1 Ambarita Dipenuhi Lumpur.

/ Kamis, 13 Desember 2018 / 21.04.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR-Musim hujan yang melanda Samosir khususnya Ambarita membuat sungai Tambun di Dusun 3 Pasar dolok meluap dan membawa lumpur. Selain lokasi sekolah, 6 ruangan SMAN 1 Ambarita dipenuhi lumpur dengan ketinggian sekitar 1 meter.  

Kejadian yang membuat proses belajar mengajar di sekolah menjadi terhenti itu diperkirakan terjadi, Kamis (13/12) sekitar jam 01.00 wib dini hari. Akibat musibah itu, kerugian sekolahpun diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Kepala sekolah SMAN 1 Ambarita B.Tumangger SPd MS.i kepada wartawan mengatakan, kejadian tersebut sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Sumut. Mudah mudahan tidak ada halangan Kadis Pendidikanpu berjanji akan turun besok. 

Selain SMAN I Ambarita, berdasarkan data di lapangan bencana banjir tersebut juga berdampak kepada 3 rumah warga dipenuhi lumpur, dan puluhan hektar lahan pertanian rusak, dan tidak ada korban jiwa. 

Dari pantauan dan konfirmasi dari warga bahwa sungai ini merupakan sungai yang mengalir musiman di saat hujan sehingga warga tidak menduga sungai ini membawa bahan material lumpur yang merusak kebun dan rumah warga serta fasilitas sekolah. 

Untuk normalisasi sungai yang sudah merata, Asisten I Mangihut Sinaga langsung berkoordinasi dengan PUPera untuk menurunkan alat berat, sehingga diharapkan kegiatan warga dapat berjalan normal kembali. 

Dengan cepat dan tanggap Pemkab Samosir telah melakukan penanganan terhadap bencana banjir tersebut. Team Pemkab Samosir langsung turun lapangan memonitoring lokasi kejadian yang Koordinasi oleh Asisten I Mangihut Sinaga, Kadis PUPR Pantas Samosir, Kepala BPBD, Camat Simanindo, dan Kabid Kominfo Ricky Rumapea. (PS/PARDIMAN LIMBONG)



Komentar Anda

Terkini: