Paripurna DPRD Samosir Di Intervensi, Nasib Simbolon Terlihat "Marah"

/ Kamis, 10 Januari 2019 / 14.45.00 WIB
Situasi Rapat Paripurna DPRD Samosir Dalam Agenda Hari Jadi Pemkab Samosir. POSKOTA/PARDIMAN LIMBONG


POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Rapat Paripurna Istimewa DPRD dengan agenda Hari Jadi Kabupaten Samosir yang ke 15 Tahun 2019, Senin (7/1/2018) kemarin, terlihat tegang. 

Pasalnya Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata itu, terlihat di intervensi oleh pihak lain. 

Saat Perwakilan dari Tokoh Pemrakarsa Pembentukan Kabupaten Samosir Manginar Sitanggang yang sehari harinya akrab disapa Amco berpidato di Podium didesak untuk mempersingkat pidatonya.

Beberapa saat menyampaikan pidatonya, Sekretaris DPRD Hotman Sagala terlihat seperti gelisah mondar mandir dari tempat duduknya sampai tiga kali berjalan ke Podium sambil memberikan sepucuk kertas.

Diikuti oleh salah seorang Peserta Rapat berkemeja putih yang diduga Oknum Polisi juga mendatangi podium dan membisikkan sesuatu kepada Mantan Anggota DPRD Tobasa itu. Membuat tidak lama kemudian, Manginar pun mengakhiri pidatonya.

Melihat kejadian yang menggangu berjalannya Rapat Paripurna itu semua membisu, hanya Nasib Simbolon yang juga adalah Anggota DPRD Samosir terlihat "marah" dan bereaksi.

Dengan nada yang agak keras, Nasib Simbolon mengeluarkan ucapan meminta agar Sidang Paripurna Istimewa DPRD Samosir dalam rangka Memperingati Hari Jadi ke-15 Kabupaten Samosir tersebut, tidak diintervensi pihak mana pun.

"Ini Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD, ada Tatib yang mengatur Rapat ini. Jadi jangan diintervensi siapa pun", tegas Nasip.

Lanjut Nasip, sesuai amanah UU, PP dan Tatib DPRD, mekanisme jalannya Rapat Paripurna dipimpin oleh pimpinan yakni Ketua dan para Wakil Ketua DPRD, secara mutlak dan tidak boleh diintervensi siapa pun kecuali anggota DPRD yang melakukan interupsi dalam menyampaikan saran dan masukan kepada pimpinan.

"Perlu Kita pahami, bahwa Paripurna adalah Rapat Tertinggi DPRD untuk menentukan/memutuskan arah kebijakan Pemerintah Daerah (APBD, P-APBD, LKPJ serta Perda lainya). Jadi mohon dihormati. Terlebih ini rapat Peringatan Hari Jadi Kabupaten Samosir", kata Nasip.

Selanjutnya, Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata kembali mempertegas pernyataan Nasip Simbolon dengan menyebutkan agar semua pihak Peserta Rapat dapat menghargai Jalannya Rapat dan Lembaga DPRD Samosir.

"Ini adalah Rapat Paripurna, semua pihak harus menghargai lembaga ini", tandasnya.

Di tempat terpisah Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata kepada Wartawan, saat dikonfirmasi mengaku tidak tahu siapa yang menyuruh Sekwan, dan personil Polres Samosir yang naik ke Podium saat Perwakilan Pemrakarsa Pembentukan Kabupaten Samosir, Manginar Sitanggang menyampaikan sambutan.

"Kita akan koordinasikan hal ini kepada Wakapolres Samosir yang turut hadir dalam Paripurna tadi", sebut Rismawati.

Rapat Paripurna DPRD Samosir itu juga dihadiri Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Samosir serta para Tokoh Pemekaran Samosir, para Mantan Bupati Samosir, Forkopimda dan BUMN/BUMD, Pimpinan OPD dan jajaran Pemkab lainnya serta masyarakat. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: