7071 Siswa/i SD Se Tapsel Ikuti UASBN

/ Senin, 22 April 2019 / 10.48.00 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis. POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Tahun Ajaran 2018/2019 sebanyak 7701 Siswa/i dengan rincian Laki - Laki  3706 Siswa dan Perempuan 3365 Siswi Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten  Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)  mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), Senin (22/5/2019). UN tingkat SD ini akan digelar Senin - Rabu (22 - 24 Mei 2019) mendatang. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis melalui Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar  Enrico Fermi Batubara, kepada POSKOTASUMATERA.COM mengatakan, ada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam UASBN tingkat SD, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

"Distribusi Soal sudah dilakukan ke sekolah - sekolah dan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tapsel", katanya. 

Menurutnya, hasil UN ini akan dijadikan patokan atau Dasar Seleksi ke jenjang SMP. Soal UASBN SD sendiri, jelasnya, terdiri atas Lima Paket Soal, sehingga setiap Siswa/i akan menerima paket Soal berbeda. 

"Dengan sistem ini kecurangan pengerjaan Soal tidak ada', ungkapnya.

Menurutnya, Soal UASBN SD menggunakan Soal Tertulis dan bukan berbasis Komputer seperti di SMP dan SMA. Namun kata Dia, lembar jawaban tetap menggunakan Lembar Jawab Komputer.

Meski dijadikan Dasar untuk seleksi masuk ke SMP, namun hasil UASBN SD bukan menjadi penentu Kelulusan Siswa/i, tetap diserahkan ke Sekolah berdasarkan Penilaian Guru di Sekolah. 

"Hasil UASBN bukan satu - satunya penentu hanya dijadikan salah satu pertimbangan", katanya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: