Kadis DKP: Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan Desa T.A.2018 Tidak Ada

/ Kamis, 25 April 2019 / 21.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SIDIKALANG-Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Kabupaten Dairi Dra.Rosmaida Situmorang,M.Si Tumorang kepada wartawan Rabu,(25/04/2019) di ruang kerjanya mengatakan,bahwa pengadaan buku untuk perpustakaan Desa tidak ada ditampung di kantor ini.

Memang kalau dulu pernah ada bantuan untuk perpustakaan desa beberapa tahun yang lalu sebelum ada anggaran dana desa mereka,dan itupun paling 3 desa setiap tahunnya bisa ditampung dari kantor ini. 

"Jadi kalau sekarang kami tidak berani untuk membuaat anggaran untuk perpustakaan desa tersebut,karena dana mereka juga kan besar," ungkap Br Tumorang.

Mengenai pengadaan buku tahun anggaran 2018 lalu ada dikantor ini dengan jumlah dananya sekitar Rp.123 juta dengan rincian buku tersebut sekitar ,dimana untuk Puskel 2700 eks dan tinggal diperpustakaan kantor ini 900 eksemplar.

Pengadaan buku tersebut bukan ditenderkan,tapi penghunjukan langsung (PL) karena dananya sekitar Rp.123 juta dan harus memang ditangani oleh pihak ketiga termasuk pemborong. Yang boleh dikelola oleh kantor pengadaan tersebut adalah dananya Rp.50 juta kebawah.

Jadi spesifikasi buku itu sudah ditentukan dari kantor ini,sesuai petunjuk yang ada ,misalnya tahun terbitnya harus jelas,dan tidak boleh terbitnya dibawah tahun 2017 ,termasuk harus tertera siapa penerbitnya,dan saya tidak mau menerima kalau tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan,apa lagi situasi sekarng tentang anggaran negara ,mana mau saya terjerat.


Ketika wartawan juga mempertanyakan siapa pengadaan buku dikantor ini ? Kadis tidak memberikan jawaban yang konkrit,hanya dikatakan,yah saya rasa bapak atau ibu sudah mengetahui siapa yang biasa pengadaan buku ujarnya kepada wartawan diruang kerjanya mengakhiri. 

Kelihatan dalam gambar Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Rosmaida Tumorang memakai baju batik sedang memberikan keterangan kepada wartawan diruangannya.(PS/KT)
Komentar Anda

Terkini: