Poldasu : Di Sumut Belum Ditemukan Kebakaran Hutan

/ Selasa, 24 September 2019 / 20.48.00 WIB
Ket Foto:Kasubdit Tipiter IV Polda Sumut AKBP Herzoni Saragih saat memadamkan titik api.[POSKOTA/RIADI]

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Polda Sumatera Utara (Poldasu) bersama sejumlah  institusi  kembali mengaktifkan Satuan Petugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla).

Kabid Humas Polda Sumatera Utara melalui Kasubbid Penmas AKBP Nainggolan kepada wartawan di ruang kerjanya Selasa (24/9) mengatakan,Satgas Karhutla  Sumut  terdiri dari gabungan  beberapa unsur  yakni Kepolisian, TNI, Dinas Kehutanan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sebenarnya, kata Nainggolan, tim gabungan Satgas Karhutla Sumut sesuai instruksi presiden sudah ada sejak 2016 lalu.

"Jadi kegiatan yang dilakukan tim ini banyak. Selain melakukan pemadaman terhadap kebakaran hutan, tugas Satgas Karhutla juga memantau titik-titik api yang berada di wilayah Sumatera Utara. Sebenarnya tim ini sudah di bentuk sejak 2016 lalu, dan sudah ada MoU nya. Tapi karena situasi sekarang, untuk mencegah dampak asap lebih meluas, maka tim ini kembali di galakkan,''ucap MP Nainggolan kepada wartawan.
MP Nainggolan juga menjelaskan,   Satgas Karhutla Sumut  tidak hanya berfokus pada pencegahan dan pemadam kebaran. Satgas Karhutla juga memiliki fungsi berkelanjutan. Artinya, bilamana ada titik-titik kerbakaran yang sudah berhasil di padamkan, maka tim ini akan melalukan penanaman kembali  hutan yang gundul (reboisasi). Dengan program Kapolda Sumut penanaman Sejuta Pohon.

BELUM ADA KEBAKARAN HUTAN di SUMATERA UTARA 

Ditanya soal lokasi titik api yang ada di wilayah Sumut, MP Nainggolan mengatakan sejauh ini petugas belum menemukan  adanya lokasi kebakaran  hutan di Sumatera Utara. Kabut asap tebal yang menyelimuti hampir seluruh wilayah provinsi Sumut kemungkinan besar datang dari daerah yang mengalami kebakaran hutan seperi Riau dan Kaimantan Tengah.
Namun diakui MP Nainggolan, sejauh ini Satgas Karhutla  menemukan 3 titik panas (hot spot) yang ditemukan. Yakni 3 di kawasan Panei Tengah, Labuhan Batu Utara dan  1 titik di kawasan Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Humbang Hasundutan, dengan tingkat kepercayaan (akurasi) 80 persen.

Sedangkan kebakaran hutan yang terjadi baru-baru ini di kawasan Danau Toba Desa Silalahisabungan III, Kabupaten Dairi merupakan area perladangan milik warga yang berbatasan dengan  hutan. Kebakaran tersebut telah berhasil di padamkan, namun petugas masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran itu.

Di Labuhan Batu sempat di cek ada empat titik, namun ternyata  berada di wilayah Riau Pekan Baru. Namun demikian, petugas  Karhutla berkordinasi dengan pihak tim Satgas Karhutla Riau, melakukan  pencegahan dengan sekat air berupa parit untuk mencegah  meluasnya kebakaran.

Sedangkan yang di Kecamatan Siborong-borong, ternyata ada warga yang membakar lahan untuk bercocok tanam,"sambung MP Nainggolan didampingi petugas Direktorat Kriminal Khusus Polda Sumut sembari mengatakan kasus tersebut sedang diselidiki .

IMBAU WARGA JANGAN BAKAR LAHAN

Masih di tempat yang sama, Kapolda Sumatera Utara  Irjen Pol Agus Andrianto melalui Kabid Humas   menghimbau kepada warga agar tidak sembarangan membakar lahan,  untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan.

"Jadi kepada warga, khususnya yang berada di lokasi hutan agar jangan sembarangan membakar lahan,"ujar perwira berpangkat melati dua ini.

Ia menegaskan, pihaknya tidak akan segan-segan memproses pelaku pembakaran hutan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. [PS/RIADI]
Komentar Anda

Terkini: