Tentang Pembangunan Pasar Rakyat Aek Kanopan IV, DPKUKM Labura Laksanakan Sosialisasi

/ Jumat, 20 September 2019 / 13.52.00 WIB
Sosialisasi : Sekretaris DPKUKM Ir Mangatur Butar - Butar MM (Kiri Depan Batik Coklat) Mewakili Kadis PKUKM Drs Syahrul Adnan Hasibuan Saat Memberikan Pengarahan Dan Menjawab Pertanyaan Para Pedagang Pada Sosialisasi Pembangunan Pasar Rakyat Aek Kanopan IV Di Kantor Dinas PKUKM Labura. POSKOTA/OKTA - BUNAN

POSKOTASUMATERA.COM - LABURA - Dinas Perdagangan Dan Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) laksanakan Sosialisasi terkait akan dibangunnya Pasar Rakyat Aek Kanopan IV yang terdapat di Bahagian Belakang Pasar Rakyat Aek Kanopan saat ini, sebagai salah satu pusat Perguliran Ekonomi di Negeri Basimpul Kuat Babontuk Elok ini, Kamis (12/9/2019) di Kantor DPKUKM setempat.

Pembangunan Pasar Rakyat Aek Kanopan IV tersebut adalah merupakan salah satu Program Prioritas Pembangunan sebanyak 5000 Pasar di seluruh Indonesia dari Kementerian Perdagangan RI melalui Logistik Perdagangan, dengan dibiayai oleh APBN melalui Tugas Pembantuan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Labura.

Terkait hal ini, kepada Wartawan, Kepala Dinas PKUKM Labura Drs Syahrul Adnan Hasibuan melalui Sekretaris Ir Mangatur Butar Buatar MM saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksanakan terkait akan dibangunnya Pasar Rakyat Aek Kanopan IV yang berada di Bahagian Belakang Pasar Aek Kanopan. 

Mangatur menjelaskan, pihaknya beserta sebanyak 50 Orang Pedagang yang diundang Sosialisasi, karena terkena dampak telah sepakat melaksanakan Relokasi sementara, guna kelancaran Pembangunan Pasar Rakyat Aek Kanopan IV dimaksud.

"Kita siapkan tempat Relokasi sementara, yaitu di seberang Pasar tepatnya depan Pasar Rakyat Aek Kanopan. Dengan ketentuan, para Pedagang yang akan membuat tempat jualannya masing - masing, karena tidak ada anggaran Kita untuk itu. Jika Pembangunan Pasar Rakyat Aek Kanopan IV selesai, para Pedagang akan dikembalikan ke Kios dan Dangaunya masing - masing", ujar Mangatur.

Mangatur juga menjelaskan, bahwa Pembangunan Pasar IV tersebut adalah Program Kementerian Perdagangan yang diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Labura sesuai aturan dan ketentuan serta Juknis yang telah disusun Kementerian Perdagangan RI sebagai Tugas Pembantuan kepada Pemerintah Kabupaten Labura. Dengan tujuan, kedepan dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat atau Daerah.

Hanya saja, lanjut Mangatur, pelaksanaan Pembangunan Fisiknya sesuai dengan ketentuan Pengadaan Barang dan Jasa, dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Labura.

Mangatur menambahkan, bahwa anggaran yang digulirkan untuk Pembangunan Pasar IV tersebut sebesar Rp. 4 Miliar. Terdiri dari 20 Kios dan berkisar 60 Dangau - Dangau.

Selanjutnya Mangatur juga menambahkan, Pembangunan ini terlaksana, setelah pihaknya melakukan pendekatan dengan mengajukan Proposal Pembangunan Pasar Rakyat Aek Kanopan IV ke Kementerian Perdagangan RI di Jakarta.

Setelah melihat dan membaca profil Labura, Profosal yang diajukan diterima oleh Kementerian Perdagangan dengan tujuan Pembenahan Pasar Rakyat Aek Kanopan kedepan guna meningkatkan Perekonomian di Labura.

Tertang adanya keluhan masyarakat terkait kondisi Jalur Masuk ke dalam lokasi Pasar Rakyat Aek Kanopan yang masih belum tertata dan becek, Mangatur menjelaskan, hal itu juga nanti akan dibenahi secara bertahap melalui APBD Labura.

Menurutnya, akses masuk ke Pasar Rakyat Aek Kanopan ada 3 jalur. Pertama Jalur Depan, Kanan dan Kiri. 

"Itu semua nanti akan dibenahi, agar semua masyarakat, baik pedagang maupun para konsumen yang berbelanja ke Pasar Rakyat Aek Kanopan merasa nyaman", ujar Mangatur menutup Konfirmasi Wartawan. (PS/OKTA - BUNAN)

Komentar Anda

Terkini: