Sambut HUT Tapsel Ke-69, Ratusan Layang - Layang Beradu Kreasi

/ Senin, 11 November 2019 / 08.49.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Ratusan layang-layang terlihat menghiasi langit di Tapanuli Selatan saat Bupati Tapsel melepaskan balon ke udara tanda festival layang-layang dibuka, tepatnya di Tor Simago - mago, Kecamatan Sipirok, Minggu (10/11/2019). Ratusan layang-layang tersebut tidak lain adalah dalam rangka menyambut HUT Tapsel yang ke-69.

Saat layang-layang mengudara nampak berbagai jenis layangan menyerupai berbagai jenis binatang, lambang Pemkab Tapsel hingga burung Garuda menghiasi langit ketika itu. Meskipun ada beberapa diantaranya terlihat tidak berhasil mengudara, tapi tidak menyurutkan semangat untuk menerbangkan layangnya.

Antusias masyarakat pun tidak kalah semangat dalam menyaksikan dan mendukung peserta lomba layang-layang, hingga nampak ribuan masyarakat memenuhi tempat berlangsungnya lomba layang-layang di Tor Simago-mago.

"Hari ini kita tidak mencari juara, tapi dengan berlangsungnya kegiatan ini bisa menyalurkan minat dan bakat masyarakat. Juga untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan antara masyarakat yang ada di Tapsel," kata Syahrul.

Bupati juga menceritakan bahwa sejak dulu Tor Simago - mago sudah menjadi objek wisata bahkan sampai sekarang juga.

"Daerah Tor Simago - mago akan terus kita kembangkan, karena potensi yang ada di tempat ini sangat luar biasa. Dan menjadi tempat menyalurkan bakat bagi masyarakat dibidang layang - layang. Bahkan saya berfikir tidak hanya festival layang - layang tapi kedepan bisa kita fikirkan membuat festival para layang," jelasnya.

Bupati juga mengungkapkan bahwa sudah ada empat panas bumi yang sudah di bor oleh unocal.  " Tempatnya di Aek Horsik, disekitar SMA Plus tepatnya di Haritte ada dua, dan begitu juga sekitar Bulu Mario. Dengan harapan kedepan bisa kita sinergikan dengan baik dan bagus," ungkap Syahrul.

Sebelumnya Kadis Pariwisata Tapsel Abdul Saftar dalam laporannya menjelaskan, bahwa fertival layang - layang merupakan event perdana dalam menyambut Hut Tapsel yang ke 69 tahun.

"Adapun tujuan festival ini untuk melestarikan seni dan budaya di Tapsel, sebagai bentuk media promosi dibidang wisata. Jenis layangan yang dilombakan ialah layangan hias," katanya.

Lanjut Saftar, adapun peserta festival ini terdiri dari staf ahli, pimpinan OPD, Camat, dan masyarakat sekitar Kecamatan Sipirok.

"Jumlah keseluruhan peserta 87 orang, kegiatan ini berlangsung selama satu hari. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke Tapsel, baik lokal maupun mancanegara," ungkapnya.

Diakhir acara, Bupati yang diwakili Sekda Tapsel Parulian Nasution langsung menyerahkan hadiah kepada 10 pemenang lomba festival layang - layang. Adapun pemenangnya yaitu :
1. Dinas Perdagangan
2. Camat Angkola Selatan
3. PPKAD
4. Kabag Hukum Setdakab Tapsel
5. Inspektorat
6. Camat Sayur
7. Dinas KB
8. Duk Capil
9. Lingkungan Hidup
10. BAPPEDA

Turut hadir, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Forkopimda, para anggota DPRD, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, para Kabag, Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Ketua BKMT, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Camat se-Kab. Tapsel, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: