Wabup Samosir Tekankan Kades Menyusun RPJM Desa

/ Kamis, 05 Maret 2020 / 12.34.00 WIB
Wabup Saat Memberikan Arahan Pada Sosialisasi RPJM Desa. POSKOTA/ARDIKAN LIMBONG

POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menekankan agar seluruh Kepala Desa menyusun Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Desa sesuai dengan Visi Misi Kepala Desa. Sehingga arah kebijakan Desa diketahui ke depannya. 

Hal itu disampaikanya, Rabu (04/03/2020) di Aula Manihuruk Pangururan pada Acara Sosialisasi Penyusunan RPJM Desa yang diikuti Kepala Desa, Sekdes, Kaur Umum dan Perencanaan, Ketua BPD serta para Pendamping Desa setiap Desa dari Kecamatan Palipi, Nainggolan, Onan Runggu dan Sitio-tio.

Melalui Tim Penyusin RPJM Desa yang dipilih terlebih dulu, harus mengkaji dan menggali gagasan dari masyarakat. Hasilnya nanti dituangkan menjadi RPJM Desa yang menjadi Arah Kebijakan Pembangunan Desa dan Rencana Kegiatan yang meliputi Bidang Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan serta Pemberdayaan Masyarakat Desa. 

Wabup Juang juga mengingatkan, agar penyusunan itu selaras dengan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten, sehingga Program dan Kegiatan Pembangunan Pemkab dan Desa tetap terintegrasi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa (PPAMD) Amon Sormin, menyampaikan, bahwa kegiatan Fasilitasi RPJM Desa bertujuan agar Pemerintah Desa yang baru terpilih perlu membuat RPJM Desa sebagai pedoman memetakan Program Kegiatan Desa selama 6 Tahun ke depan. 

Narasumber pada Penyusunan RPJM Desa yang ditargetkan sudah siap awal Bulan April 2020 tersebut adalah Asisten I Setdakab, Mangihut Sinaga dan Kepala Bappeda Rudi Siahaan. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: