Tinjau Puskesmas Medan Amplas, Akhyar Pastikan Pelayanan Yang Diberikan Sesuai Prosedur & Harus Maksimal

/ Kamis, 14 Mei 2020 / 17.09.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Usai meninjau Kampung KB yang berada di Kelurahan Amplas, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi bergegas meninjau Puskesmas Medan Amplas Jalan Garu II B Harjosari I Kecamatan Medan Amplas Kota Medan, Kamis (14/5). Peninjauan ini dilakukan untuk mengecek fasilitasi dan pelayanan kesehatan saat ada warga yang ingin memeriksakan dirinya sekaligus memonitoring pencegahan meluasnya penularan Virus Corona (Covid-19).

Tiba di UPT Puskesmas Medan Amplas, Akhyar langsung masuk dan mengecek pelayanan yang diberikan. Sebelum masuk kedalam puskesmas, Akhyar terlebih dahulu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun kemudian mengecek suhu tubuh sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan yang dilakukan petugas medis yang ada puskesmas. Terlihat semua pegawai rumah sakit menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai standar penanganan Covid-19.

Didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP&KB) Kota Medan drg Usma Polita Nasution, Camat Medan Amplas  Edi Mulia Matondang, Kabag Humas Arrahman Pane, Kepala Puskesmas Medan Amplas Henny Safitri, Akhyar mengecek satu persatu ruangan untuk memastikan bila ada terjadi warga yang terserang penularan Virus Corona segera mengambil tindakan. Sebab, puskesmas dijadikan sebagai tempat penanganan sementara apabila terdapat warga masyarakat yang mengalami gejala terpapar Covid-19.

Pada saat peninjauan, Akhyar berbincang-bincang dengan seluruh petugas kesehatan yang berada disitu untuk memastikan pelayanan yang diberikan harus maksimal. Selain itu, Akhyar juga berpesan kepada petugas medis untuk selalu menjaga kesehatan dan menggunakan APD sebagaimana mestinya sehingga tidak ikut terpapar wabah tersebut. Sebab, petugas medis merupakan salah satu garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Usai meninjau UPT Puskesmas Medan Amplas, Akhyar mengucapkan terima kasih kepada puskesmas yang ada di Kota Medan yang siap melayani masyarakat, baik menangani penyakit umum maupun khusus Covid-19. Di puskesmas inilah awal dari mekanisme identifikasi dan pengawasan terhadap Pelaku Perjalanan (PP), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan (ODP) semuanya dilakukan oleh puskesmas dan tentunya mereka semua mengikuti prosedur penanganan yang baik.

“Terima kasih kepada seluruh jajaran Puskesmas Medan Amplas yang terus melaksanakan tugas dan pengabdiannya, dan jangan lupa untuk menjaga diri agar jangan sampai terpapar. Petugas medis yang ada di puskesmas yang di Kota Medan juga sudah menggunakan APD. Artinya mereka sudah siap melayani masyarakat,” kata Akhyar.

Dalam kesempatan tersebut, Akhyar berharap kepada seluruh masyarakat Kota Medan untuk disiplin mengikuti aturan yang diberikan pemerintah dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 yaitu dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah dan juga mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Akhyar juga berpesan agar masyarakat tetap berada dirumah jika tidak memiliki kepentingan di luar rumah.

“Kami berharap semua warga Kota Medan disiplin menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Bagi yang tidak berkepentingan tidak usah keluar rumah, dirumah saja. Pemko Medan juga telah melakukan upaya dengan cara karantina di rumah dan karantina di rumah sakit. Mari kita ikuti prosedurnya supaya keluarga kita semua selamat,” harap Akhyar.

Sementara itu, Kepala Dinas PP&KB Kota Medan drg Usma Polita Nasution mengatakan terkait kunjungan ini dilakukan untuk melihat apakah pelayanan di puskesmas sesuai dengan SOP yang semestinya. “Ternyata puskesmas sudah bagus pelayanannya dengan SOP kesehatan tidak ada lagi petugas yang memakai APD. Kunjungan masyarakat ke puskesmas juga menggunakan masker. Puskesmas juga telah melakukan rapid test, semua tahapannya itu dilakukan ditingkat puskesmas,” jelasnya.(PS/RYANT)
Komentar Anda

Terkini: