Masyarakat Kelurahan Lestari Datangin Dinas Sosial Kabupaten Asahan

/ Rabu, 03 Juni 2020 / 12.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM -ASAHAN -
Menuntut Kejelasan tentang penyaluran BST dan paket Sembako Propinsi, puluhan warga Kelurahan Lestari Kecamatan Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan  mendatangi Kantor Dinas Sosial Kabupaten Asahan,jalan Tusam No. 
Kisaran,pada Rabu (3/6/20) sekira pukul 10.30 WIB.

Amatan awak  media dilapangan, kedatangan warga ini untuk meminta penjelasan tentang kretaria penerima bantuan yang terdampak covid-19, sebab masih banyak warga yang belum mendapatkan bantuan diwilayah mereka, baik itu bantuan kemensos ataupun bantuan paket sembako dari Propinsi Sumatera Utara.

"Pembagian itu harus adil, disebelah kami, Kelurahan Gambir Baru sudah cair 600 ribu, sementara di kelurahan kami hanya 1, dan yang lain cuma dapat kotak  paket sembako, ini yang menimbulkan kecemburuan sosial," ungkap Sugiharti, salah satu peserta aksi disela-sela keramaian warga.

Kedatangan masyarakat ini diterima oleh Sekretaris Dinas Sosial, Muksin MK didampingi Kabid Penanganan Fakir Miskin, Ratna Sari Dewi, diruang aula pertemuan Dinas Sosial.

Beliau menjelaskan bahwa jenis bantuan dampak covid-19 ada beberapa macam, ada BST dari Kemensos, paket sembako Propinsi, dan bantuan dari Pemkab yang akan digulirkan, untuk kretaria penerima bantuan, selain TNI, Polri, PNS (pensiunan), penerima PKH dan BSNT yang sedang berjalan, semua berhak menerima, tetapi tidak boleh tumpang tindih.

"Jadi bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan, diharap agar mendaftarkan diri di Kelurahan, kerena syaratnya ya harus terdaftar, dan bantuan tidak boleh tumpang tindih, satu kepala keluarga hanya boleh mendapatkan satu jenis bantuan ," terang Muksin.

Muksin menambahkan, jumlah usulan untuk bantuan Kemensos sebanyak 67 ribu, tetapi yang disahuti hanya 29 ribu, dan jumlah kuota bantuan dari Propinsi untuk Asahan sebanyak 63.768 paket.

"Memang jumlah bantuan yang sudah di salurkan belum mencukupi, selanjutnya kekurangannya akan di tampung bantuan Pemkab, dan ini sudah dianggarkan dana nya sebesar 47 Milyard, mudah-mudah bisa menyahuti kekurangan tersebut,dan harapannya masyarakat agar lebih bersabar menunggu bantuan berikutnya," Pungkas Muksin .(PS/KHAIRUL)
Komentar Anda

Terkini: