Masuk KSPN, Kampung Ulos Lumban Suhi Akan Ditata

/ Kamis, 09 Juli 2020 / 16.48.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Setelah ditetapkannya Kabupaten Samosir sebagai salah satu daerah yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyak (PUPR) memprioritaskan berbagai pembangunan di Kabupaten Samosir. Salah satunya adalah Kampung Ulos di Lumban Suhi Kecamatan Pangururan. 

Demikian dijelaskan kepada Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan kepada wartawan kamis (9/7). "Kampung Ulos di Lumban Suhi menjadi salah satu destinasi KSPN dan akan segera dibangun untuk penataan oleh Kementerian PUPR" 

Menurutnya, Kampung tenun itu memiy 1liki keunikan tersendiri, selain kwalitas yt. ang bagus dan cara kerjanya yang unik, tenunan ulos itu juga menjadi khas Sumatera utara khususnya orang batak dalam tradisi.

Rudi menambahkan bahwa selama ini, Kampung ulos tersebut sudah banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. "Dalam kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Samosir beberpa tahun lalu, Beliau mengunjungi Kampung ulos itu".

Dari hasil koordinasi kita ke Kementerian PUPR, Lanjut Rudi, pihak mereka sudah mulai melakukan proses lelang tahun ini, mudah mudahan berjalan dengan baik, proses pelaksanaan bisa secepatnya dilakukan. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: