Panwascam Marancar Awasi Pelaksanaan Coklit Data Pemilih Pilkada 2020 di Desa Sugi Kec. Marancar

/ Kamis, 16 Juli 2020 / 15.41.00 WIB
                                
         Panwascam Awasi                   Coklit Data Pemilih

POSKOTASUMATERA.COM-
TAPSEL- Panitia Pengawas Pemilihan Umum
 ( PANWASLU) Kecamatan Marancar  mengawasi pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2020. Selain validitas data pemilih di Desa Sugi Kecamatan Marancar, PANWASLU juga  mengawasi penerapan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid 19 .

Demikian disampaikan Ketua PANWASLU Kecamatan Marancar Ahmad Rivai Purba didampingi anggota Panwascam 
Iskandar Muda Siregar dan 
Warman Sugito di sela sela pengawasan coklit data pemilih Pemilhan Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Tahun 2020 Kamis (16/7).


Menurut Ketua Panwascam Marancar tahapan coklit ini tidak terlalu banyak yang berubah secara metode, yang menjadi beban tambahan pengawas dan penyelenggara lain adalah soal kepatuhan atas protokol kesehatan.

Beliau  mengatakan, Panwascam akan mengingatkan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) maupun jajaran PPK dan PPS  yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) pada saat melakukan kegiatan coklit untuk segera mengenakannya. Hal ini dilakukan demi mencegah potensi penyebaran virus corona.

Hal senada  juga dijelaskan menjelaskan Iskandar Muda Siregar  anggota Panwascam Marancar   divisi pengawasan  mengatakan Panwas Kelurahan/ Desa melakukan  pengawasan  melekat pada PPDP yang melakukan coklit dengan mendatangi pemilih dari rumah ke rumah pada 15 Juli-13 Agustus 2020. Untuk memastikan kebersihan dan validitas data pemilih.

Panwaslu Kelurahan Desa menggunakan formulir model A-KWK sebagai alat pembanding dalam proses coklit dan kebutuhan sinkronisasi dengan data pengawas pemilihan. Dan petugas PKD melaksanakan tugas dengan memberikan alat kerja kepada PKD," beber Iskandar Siregar.

Pihaknya berharap Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan berjalan aman dan lancar sampai pada pemungutan suara Rabu  9 Desember 2020," harapnya.

Di tempat terpisah Camat Kecamatan Marancar H. Supri Siregar, S. Sos memberikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu baik PPK, PPS,  Panwascam dan PKD yang telah menjalankan tugasnya masing masing dalam mensukseskan Pemilhan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2020. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: