Kaka Jay Sosok Polisi Polres Tanjungbalai Yang Disiplin Dan Bermasyarakat, Sesuai Program "PRM" AKBP Putu Yudha

/ Senin, 10 Agustus 2020 / 20.38.00 WIB
Dok.Zainuddin (Kaka Jay)Lulus Polisi

POSKOTASUMATERA.COM-TANJUNGBALAI
Tahun 1993-1994 lalu,IPDA Zainuddin (Kaka Jay) di Jayapura Papua lulus jadi Polisi berpangkat Serda (Sersan Dua) . Tetapi kini, IPDA Zainuddin warga  asal papua, itu telah menjadi polisi yang membanggakan keluarga serta warga kampungnya dan bertugas di Mapolres Tanjungbalai.

Kepada Poskota,IPDA Zainuddin (Kaka Jay) mengatakan,Senin,(10/8/20)ia lahir dari keluarga sederhana,Bapak merupakan pedagang ikan keliling dan ibu merupakan ibu rumah tangga. 

Ia sebagai siswa teladan dan trengginas(nilai kesamaptaan tertinggi)dan mendapat rangking 1(satu) di Polres Jayapura-Polda Irian Jaya, Polda Papua.

IPDA Zainuddin yang dikenal masyarakat Kota Tanjungbalai dengan sapaan Kaka Jay ini tidak menyangka, ternyata saya lulus tes. 

Zainuddin atau dipanggil dengan sapaan Kaka Jay itu aktif dari dahulunya diberbagai bidang organisasi yakni,dikepramukaan ,Patroli Keamanan Sekolah (PKS Tahun 1989),Paskibraka(1991),Bahkan jadi alumni Jamnas(Jambore Nasional Pramuka  Tahun 1986),Raymuna Nasional pada Tahun 1997.

Setelah lulus,jadi Polisi,akhirnya mengikuti pendidikan selama 1 Tahun  di SPN Jayapura Papua. 

"Kelulusan diwaktu itu disambut gembira oleh orang tua dan warga kampung halamannya,"

Lebih beruntung nya lagi Kaka Jay  mempunyai seorang putra tunggal bernama Fahri Muhammad nurzain yang saat ini juga telah menjadi seorang Polisi.

Zainuddin dengan Istri,bernama Rusiah (keturunan Jawa) merupakan ibu rumah tangga dan dikarunia  seorang putra.

Dibalik putranya yang lulus menjadi seorang prajurit kepolisian, yaitu bernama Bripda Fahri Muhammad Zain yang bertugas saat ini di  SPN Polda Sumut,di Samapta Polda Sumut.

"Seorang Putra saya bernama Fahri Muhammad Zain Lulus pada  Tahun ini 2019-2020 menjadi seorang polisi,"sebut Kaka Jay 

Bahwa,IPDA Zainuddin yang sering disapa dengan sebutan Kaka Jay warga papua ini bertugas di Polres Tanjungbalai sudah  13 tahun lamanya  dari tahun 2007 - sampai sekarang,kini dirinya Terus aktif bermasyarakat dengan semua golongan ormas,kepemudaan,serta tokoh agama dan lainnya.

        
DiTempatkan Di Polres Tanjungbalai Pada Agustus Tahun 2007,IPDA Zainuddin Mulai Mengenal Masyarakat Tanjungbalai

Sosok Kaka Jay Aktif Di Tengah Masyarakat Kota Tanjungbalai,yang juga di Rindukan Masyarakat.Yang lebih seru nya,nama IPDA Zainuddin, banyak yang tidak mengenal nama asli beliau ,ia lebih dikenal dengan panggilan Kaka Jay.

Justru dirinya,(Kaka Jay)banyak yang dikenal dari kalangan tingkatan TK polisi Sahabat Anak (TK-SD)atau SMP dan SMA Sederajat serta  Patroli Keamanan Sekolah dan Pramuka dan organisasi Kepemudaan lainnya sebagai pembina dengan Sapaan Kaka Jay.

Dan adapun kepada mitra organisasi Masyarakat dan tokoh masyarakat, tokoh agama bahkan di instansi TNI-Polri,insan Pers dan aktivis sosok IPDA Zainuddin tidak ada mengenal nya,lebih kerap di sapa dengan  panggilan Kaka Jay.

Ia tidak memandang bahwa dirinya harus disapa dengan sebutan komandan,  dipanggil dengan pangkat dan jabatan maupun seorang bapak lagi tapi lebih bermasyarakat dengan sebutan  Kaka Jay ditengah tengah masyarakat. 


Kaka Jay Aktif Berikan Himbauan Sosialisasi Pencegahan Wabah Covid-19 Bagi Pengguna Jalan 


Sebagai upaya dari sat Lantas dalam menindak lanjuti kebijakan Kapolri guna memberikan Penerangan tentang Penanganan pencegahan penyebaran virus corona sebagai bagian dari pelayanan Polri Khususnya Sat Lantas kepada masyarakat.

Kegiatan itu terus menerus langsung dilaksanakan Kasat Lantas AKP HW. SIAHAAN, SH, bersama IPDA Zainuddin (Kaka Jay) dan  KBO dan Para Kanit Sat Lantas Polres Tanjungbalai,Personil Sat Lantas Polres Tanjungbalai yang turut  memberikan Brosur Maklumat Kapolri serta menggunakan Pamflet Himbauan Pencegahan virus Corona di Seputaran Kota Tanjungbalai kepada masyarakat pengguna jalan.

Himbauan tentang pencegahan Virus Corona (Covid-19) serta menghimbau tetap menjalankan Protokoler Kesehatan,gunakan Masker,jaga kebersihan,rajin mencuci tangan,  menjaga jarak,tidak berkerumun dan memberikan lembaran himbauan  tentang pencegahan virus Corona terus aktif diberi kan kepada masyarakat.


IPDA Zainuddin Juara 1 Polisi Teladan Tingkat Sumatera Utara

Seorang Perwira Pertama (Pama) bernama Ipda Zainuddin mendapat Piagam Penghargaan Juara Pertama Polisi Teladan Tingkat Polda Sumut Tahun 2018.

Penghargaan yang diterima Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Tanjungbalai pada saat itu, langsung diberikan  oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw.

Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebutkan, pemberian piagam penghargaan tersebut sebagai bentuk prestasi dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian, khususnya bidang operasional, bidang pembinaan dan asessor.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada personel yang telah mengukir prestasi dalam pelaksanaan tugas. Prestasi merupakan hasil dari usaha dalam pelaksanaan tugas, prestasi diapresiasi melalui pemberian penghargaan sebagai bentuk pengakuan, menjadi kebanggaan, motivasi sehingga prestasi dapat dipertahankan dan dapat dikembangkan," 

Pandangan Berbagai Kalangan Terhadap Sosok Polisi Rindu Masyarakat,IPDA Zainuddin (Kaka Jay)


Pimpinan Al Jamiyatul Washliyah Kota Tanjung Balai,Buya Gustami Anmar Hasibuan, S.Sos.I.,M.M.Pd

Buya Gustami menyebutkan bahwa  Kaka Jay orangnya benar benar bermasyarakat,baik dan aktif memberikan edukasi bimbingan .

Kaka Jay merupakan polisi  berteman dengan semua golongan dan terus mau berbagi ilmu yang ada dengannya,seperti kegiatan Pramuka dan wawasan lainnya dimilikinya.

Kemudian dalam bergaul tidak mendeskreditkan status latar belakang dan lainnya,sosok kaka jay aktif menghadiri acara sosial maupun keagamaan lainnya. 

Sosoknya,tidak memandang seragam dan jabatan yang ia miliki. Ia merupakan polisi teladan ,polisi yang memberikan contoh kepada semua golongan,yakni kepada anak anak,dan pemuda,dan ormas di Kota Tanjungbalai.

"Program Rindu Masyarakat (PRM)yang dicanangkan oleh Kapolres Tanjungbalai itu sangat baik.Hal itu pandangan saya merupakan program membangun silaturahmi dengan masyarakat di Kota Tanjungbalai,"kata Buya Gustami.

Kemudian,program itu membawa yang terbaik di masyarakat, bahwa polisi menjadi kan dirinya menjadi sahabat ditengah tengah masyarakat, sehingga masyarakat mengenal Aparat Penegak Hukum,Kepolisian bukan hanya nangkap saja yang dikenal masyarakat ,namun sebaliknya polisi dengan program tersebut menjadi kan polisi itu adalah sahabat bagi masyarakat.

"Sehingga,program itu sangat baik ,dengan itu program itu menjadikan polisi tersebut membawa ilmu pengetahuan ,wawasan dan pencerahan , pendidikan dan lainnya ditengah tengah masyarakat,"sebut Buya Gustami.

Seperti hal nya ,bahwa Program Rindu Masyarakat (PRM)dibawah Kendali Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH itu sangat baik dan menjadikan masyarakat rindu dengan polisi.

Ternyata imetz dengan program tersebut sangat disambut baik,bahwa polisi itu berteman dengan masyarakat dengan memberikan program program nya,dalam amal dan kebaikan yang terus diberikan kita lihat langsung dilakukan Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH yang senantiasa memberikan perhatian dan kepedulian bagi masyarakat di Kota Tanjungbalai baik ada yang sakit dan bagi fakir miskin yang membutuhkan.

"PD.Alwashliyah Kota Tanjungbalai,menilai polisi itu adalah sahabat bagi masyarakat, masyarakat bersama polisi bagi kehidupan berbangsa bernegara sejalan,selain taat akan hukum maka kehidupan berbangsa dan bernegara adil makmur dan sentosa,"ucap Buya Gustami.

Dokumentasi

Tokoh Etnis Tionghoa,Mantan Ketua Majlis Budayana Indonesia(MBI)Kota Tanjungbalai,Leo Lopulisa (Chongh Hui)

Menurut saya,Kaka Jay ini sangat bersahabat dengan siapa saja dengan kalangan etnis beliau sangat diterima di semua kalangan dalam bermasyarakat di Tanjungbalai.

Kebetulan beliau waktu itu bertugas di bagian Binmas Polres Tanjungbalai ,jadi sangat berdekatan dan bersentuhan langsung kepada masyarakat.

"Ia,(Kaka Jay) itu sering melakukan sosialisasi kegiatan apa pun itu yang dilakukan Polres Tanjungbalai melalui beliau kepada masyarakat,"sebut Tokoh Etnis Tioghoa,Leo Lopulisa.

Sambung nya,bahwa Kaka Jay ini aktif hadir di kegiatan etnis Tionghoa kami.Kehadiran beliau sangat disambut baik dalam etnis Tionghoa.

Dalam kehadiran nya,ia terus memberikan pandangan dan pengetahuan mengenai sosialisasi tentang kambtibmas dan lainnya kepada etnis kami. 

Sosok,(Kaka Jay) saya kenal sudah hampir 13 tahun, ke aktifan Polisi Kaka Jay ini sangat saya apresiasi.

Dokumentasi
Kaka Jay,Aktiv Di Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai

Kaka Jay,seorang Polisi berpangkat IPDA yang bertugas di Polres Tanjungbalai ini juga merupakan bagian dari pengurus Gerakan Pramuka Di Kota Tanjungbalai.

Menurut,Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai , Musa Setiawan,SH bahwa Kaka Jay itu orangnya polisi baik,dia merupakan bagian dari kepengurusan Pramuka.

"Ia,(Kaka Jay)pada prinsipnya merupakan orang Pramuka yang terbaik di Kota Tanjungbalai  dalam berorganisasi membimbing adik adik Pramuka ,"sebut Musa Setiawan

Sementara itu,Pengurus Kwarcab Andalan Bina Muda Kota Tanjungbalai,Sri Maidar Spd.i juga mengapresiasi dan sangat bangga sosok polisi Kaka Jay yang aktif terus bergerak di Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai sampai saat ini.

Kaka Jay itu didalam Gerakan Pramuka itu asyik mudah senyum ,dan baik dan ditengah itu dia (Kaka Jay)sangat tegas dalam memberikan arahan nya.

"Khususnya di Gerakan Pramuka ,Kaka itu seperti pembina yang juga merupakan orang tua bagi kami,"ucap Sri Maidar,Pengurus Kwarcab Andalan Bina Muda Kota Tanjungbalai.

Hal yang sama juga di utarakan ,Merry Margolang,Spd.MPd bahwa tujuan dari Program Polisi Rindu Masyarakat (PRM) yang dilakukan  oleh Bapak Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH awalnya adalah sosok figur yang rindu terjun ke masyarakat.

Melalui figur sosok polisi dengan sosok  Kaka Jay berpangkat IPDA  ini bagian terpenuhi nya salah satu  tujuan dari Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH,bahwa masyarakat selalu  merindukan kehadiran polisi ditengah tengah masyarakat. Kata Merry Margolang.

Dalam event tertentu Kaka Jay selalu didambakan dan ditanya tanyakan ke hadiran nya. Ujar Merry Margolang.

Kaka Jay itu dengan semua golongan baik ,kepada anak,pemuda dan orang tua di masyarakat Tanjungbalai.

"Kita salut dan bangga dengan figur Kaka Jay ini walaupun dirinya merupakan warga Papua bukan asli Sumatera Utara,ia merupakan polisi Polres Tanjungbalai yang dekat bersahabat dengan siapa pun di Kota Tanjungbalai," diutarakan Merry Margolang.

Kepiawaian beliau,bagaimana seorang polisi itu yang baik dan bermanfaat bermasyarakat itu termasuk dalam diri Kaka Jay,pandangan saya. Disebutkan Merry Margolang.

Kaka itu didalam Pramuka merupakan pengurus  bidang pengembangan di Gerakan Pramuka Kota Tanjungbalai,ia dicintai dan sangat disenangi adik adik Pramuka.

Adapun dengan figur nya sebagai polisi,Kaka Jay itu senantiasa memberi kan materi LKBB , pengetahuan Pramuka ,dan Game Game untuk Pramuka .Ia (Kaka Jay) itu sering hadir mengisi Pramuka di berbagai sekolah terutama di Pesantren Alwashliyah Kota Tanjungbalai.

"Kita berharap ,lahirla  figur Polisi yang seperti (Kaka Jay)ini yang  terus memberikan informasi dan semangat kepada generasi pelajar khususnya. Yang tau saat ini bahwa adik adik takut dengan Polisi,tapi setelah kehadiran Kaka Jay ditengah tengah masyarakat dan kalangan remaja bahwa polisi itu baik berteman dan bersahaja bersahabat," imbuh Merry Margolang.

Dokumentasi

Pandangan Dari Lembaga Perempuan Dan Anak (Tanjungbalai Children Community)Kota Tanjungbalai,Agus Salim Hutagalung,S.sos 

Menurutnya,Kaka Jay, saya kenal pada Tahun 2007 pertama kali bertugas di Polres Tanjungbalai .Berawal dari diskusi ringan,beliau (Kaka Jay) itu mengunjungi kami pada program bagian pencegahan dan perlindungan penularan IMS/HIV-AIDS di Kota Tanjungbalai.Kemudian komunikasi dari figur nya terjalin silaturahmi baik dan bersahabat hingga saat ini.

Selain itu juga ,kami dengan lembaga kami bagian perlindungan perempuan dan anak (Tanjungbalai Children Community),dimana gerakan sosial dari Kaka Jay yang merupakan polisi Polres Tanjungbalai tersebut sehingga kami tergerak menobatkan IPDA Zainuddin (Kaka Jay) sebagai dewan Penasehat.

"Dalam gerak langkah, kami sangat salut kepada Kaka Jay , dikarenakan beliau (Kaka Jay)mempunyai komitmen yang jelas dalam taat akan aturan hukum untuk di taati selaku anggota Polisi Polres Tanjungbalai," kata Agus Salim

Dokumentasi

AKBP Putu Yudha : Program Polisi Rindu Masyarakat Mulai Tahun 2019  Sampai Sekarang /Tahun 2020 Kepada Masyarakat Tanjungbalai Aktiv Di Laksanakan 

Untuk menghilangkan stigma masyarakat yang selama ini takut kepada polisi sudah terkikis dengan program yang dilakukan oleh Polres Tanjungbalai, yaitu sistem Polmas yang diberi nama PRM (Polisi Rindu Masyakarat).

Sebelum nya, diadakan program ini,pada Selasa,(15/10/2019) yang saat itu langsung di Pimpin Kapolres Tanjungbalai,AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH mengatakan program ini disusun dengan maksud agar masyarakat kota dapat merasakan keberadaan Polri, khususnya masyarakat.

Sehingga terselenggaranya pemerintahan dan transparansi personalisasi yang berorientasi pada masalah dan pelayanan masyarakat.

"Secara langsung dapat meningkatkan harmonisasi dan kerjasama dalam penyelesaian masalah sosial yang terjadi di masyarakat, sehingga mampu mengurangi rasa takut, serta meningkatkan kualitas masyarakat, khususnya berkaitan dengan pengetahuan sosial, terwujudnya kemitraan antara personil Polres Tanjungbalai dan masyarakat guna menciptakan rasa aman dan tentram dalam wilayah kota Tanjungbalai,"kata AKBP Putu Yudha.

Cara yang akan kita lakukan, kata AKBP Putu, dengan menyambangi rumah warga dengan cara door to door.

Seluruh personil Polres Tanjungbalai sampai dengan personil Polsek jajaran, setiap harinya mengunjungi  rumah masyarakat, sebutnya.

Terjun langsung menjadi sahabat masyarakat 'Polisi Rindu Masyarakat' maupun kerumah warga bukan hanya melibatkan anggota saja personil, tetapi juga melibatkan Kapolres, Wakapolres, para Kabag, Kasat dan Kapolsek.

Dokumentasi

Pandangan Tokoh Nahdatul Ulama(NU)Kota Tanjungbalai,Khairul Abdi Terhadap Program  'Polisi Rindu Masyarakat' Program AKBP Putu Yudha Perlu Di Apresiasi Kapolri 

Sampai sejauh ini program Polisi Rindu Masyarakat (PRM) berjalan dengan bagus ,banyak Personil kepolisian Polres Tanjungbalai hingga Bhabhin melaksanakan hal tersebut.

"Semua terlihat menyambangi dengan masyarakat,baik kepada tokoh masyarakat ,tokoh pemuda di Kota Tanjungbalai,"sebut Ustadz Khairul Abdi.

Saya sendiri sebagai ,Tokoh Nahdatul Ulama(NU)Kota Tanjungbalai yang sakit telah di datangi dikediaman saya, disambangi langsung oleh Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha dan Wakapolres dan personil nya .

Sehingga kegiatan Kambtibmas di masyarakat terlihat Kapolres turut langsung turun.Jadi pribadi saya dengan hal itu saya sendiri langsung merasa hal program Polisi Rindu Masyarakat yang di lakukan Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha itu.

"Kegiatan itu,perlu dapat dukungan la dari Kapolri ,Jendral.Pol.Idham Azis supaya polisi yang sudah menyambangi masyarakat dan berdialog dengan masyarakat tentang kemasyarakatan perlu di tambah dan didukung di apresiasi,"ucap Ustadz Khairul Abdi,Tokoh NU ini.

Jadi,bagi polisi yang kurang ada di tengah masyarakat lebih baik tidak ditambah,dan bagi yang polisi yang aktiv ditengah masyarakat itu yang perlu di tambah intensif nya. Jelas Ustadz Khairul Abdi.

Ditambahkan bahwa program Polisi Rindu Masyarakat di Tanjungbalai ini sangat berjalan ,bahkan sampai di tingkat paud dan TK , kepolisian datang dengan program nya seperti Polisi Rindu Masyarakat dan Pocil serta lainnya.

Ya,selama Wabah Covid-19 ini, Program Polisi Rindu Masyarakat  itu ya memberikan himbauan Covid ,prosedur,pakai masker dan cuci tangan .

Diketahui,tim media Poskota, bahwa IPDA Zainuddin atau yang kerap disapa Kaka Jay ini Aktiv sebagai pengurus organisasi di tengah tengah masyarakat di Kota Tanjungbalai. Diantaranya,sebagai pembina Tanjungbalai Children Community,Pengurus Gerakan Pramuka,Pengurus Majlis Ulama Indonesia(MUI)Kota Tanjungbalai,pengurus Komisi Penanggulangan IMS/HIV-AIDS Kota Tanjungbalai dan figur Kaka Jay dikenal dan bersahabat dikalangan semua etnis di Kota Tanjungbalai,dirinya berbaur dan masuk bersilaturahmi untuk Aktiv terus  bersosialisasi.

Penulis. SAUFI 

[Artikel ini ikut serta dalam Lomba Karya Tulis yang diselenggarakan Polres Tanjungbalai]

Komentar Anda

Terkini: