Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA Se-Panai Hilir, Letda Laut (T) Wahid Nurhidayat SH : Edukasi Itu Harus Rutin

/ Jumat, 07 Agustus 2020 / 08.52.00 WIB
Poskotasumatera.com - Labuhanbatu - Usai menggelar Bakti Sosial (Baksos) bersama unsur Muspika (musyawarah pimpinan kecamatan) Panai Hilir dan tokoh masyarakat, Posal (Pos Angkatan Laut) Sei Berombang kembali mengadakan kegiatan perlombaan. Kegiatan perlombaan tersebut diadakan dari tanggal 06 Agustus sampai dengan tanggal 09 Agustus 2020 di Mako Posal Sei Berombang.

Kegiatan perlombaan diadakan untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun yang dilaksanakan tersebut merupakan perintah dari Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Dafris, M.Sc (M.S) Kepada Komandan Posal Sei Berombang Letda Laut (T) Wahid Nurhidayat, S.H. Dimana kegiatan tersebut dirangkai dengan beberapa perlombaan yang diikuti oleh ibu-ibu PKK, perlombaan untuk anak TK dan PAUD se-Kecamatan Panai Hilir. 

"Kegiatan ini kita laksanakan bersama dengan unsur Muspika. Kegiatan ini tidak hanya cerdas cermat, namun ada rangkaian kegiatan lain untuk menambah keceriaan ataupun kegembiraan masyarakat di Panai Hilir ini. Terlebih kepada anak Remaja, edukasi itu harus rutin. Namun tak terlepas dari peran masyarakat dan keluarga," ujar Danposal Sei Berombang Letda Laut (T) Wahid Nurhidayat SH kepada awak media. Kamis (6/8/2020) disela-sela kegiatan.
Adapun tujuan dimaksud menyelenggarakan kegiatan perlombaan ini, lanjut Wahid, sebagai sarana pengedukasian kepada masyarakat Kecamatan Panai Hilir. Terutama pada para generasi muda yang berada di daerah Kecamatan Panai Hilir.  

"Kegiatan ini sebagai edukasi ke masyarakat. Untuk menambah wawasan dengan mengerjakan hal-hal yang positif. Terutama pada generasi muda di daerah ini. Tetap selalu menjauhi bahaya narkoba. Kreatiflah dan berprestasilah untuk membangun Panai Hilir menjadi daerah yang menjadi percontohan bagi Kecamatan - Kecamatan yang lain,"Wahid menerangkan.

Banyak hal yang dapat digali dari kegiatan yang dilaksanakan ini. Menurut Wahid, lomba cerdas cermat yang diadakan tersebut memberikan manfaat kepada para pelajar yakni, daya ingat, ketangkasan dan daya nalar yang cepat. Kemudian, perlombaan make up yang pesertanya dari ibu - ibu PKK yang mewakili setiap Desanya.
"Bermain sambil belajar mungkin bisa menjadi langkah efektif bagi anak-anak. Seperti usai perlombaan cerdas cermat, kita berikan game kepada siswa/i dengan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menarik dan mengandung humor serta inspiratif. Memancing kepekaan tentang tulisan-tulisan yang ada di mading Markas Posal. Jadi, pembelajaran tentang kepekaan siswa/i tentang Kemaritiman tersampaikan. Terkhusus tentang TNI AL. Kemudian di isi dengan dialog tanya jawab, sehingga komunikasi sosial dengan siswa/i terjalin baik,"jelas Wahid.

Disisi lain, Camat Panai Hilir Hadmansyah berikan apresiasi kegiatan yang digelar Posal Sei Berombang. Perlombaan yang dilaksanakan bernuansa kekeluargaan dan mendidik. "Kegiatan perlombaan ini sedikit berbeda dengan biasanya dilaksanakan. Bukan hanya sekedar perlombaan yang di ikuti para pelajar di Panai Hilir ini. Namun, siswa/i secara sadar mendapatkan ilmu pengetahuan. "Saya ucapkan terimakasih kepada TNI AL khususnya Danlanal Tanjung Balai Asahan serta Danposal Berombang yang selama ini selalu peduli dengan masyarakat di Panai Hilir ini. Mudah-mudahan saja, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya,"ujar Hadmansyah.

Apresiasi kembali datang dari tokoh masyarakat Sei Berombang untuk Danlanal Tanjung Balai dan Danposal Sei Berombang serta jajarannya. "Terima kasih atas kegembiraan ini. Sehat selalu untuk bapak - bapak yang ada di TNI AL terkhusus pada Danlanal maupun Danposal. Kegembiraan dan kesenangan ini membuat kami terharu dan bangga bisa berdampingan bersama dengan TNI AL. Semoga apa yang dicita-citakan bapak-bapak cepat tercapai, Aaminn,"ucap salah seorang tokoh masyarakat A.Harahap ST.
Dipenghujung acara, panitia mengeluarkan pengumuman perlombaan pemenang cerdas cermat dan lomba Make up. Untuk pemenang pertama lomba cerdas cermat diraih oleh Madrasyah Aliyah (MA) Al Ittihidiyah, pemenang kedua diraih SMKN I Panai Hilir, dan untuk pemenang ketiga di raih oleh SMAN I Panai Hilir. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pimpinan dan jajaran Muspika Panai Hilir. 

Kemudian perlombaan make up, juara pertama diraih oleh Tim PKK Desa Wonosari. Untuk pemenang kedua diraih oleh Tim PKK Kelurahan Sei Berombang. Pemenang ketiga diraih oleh Tim PKK Desa Sei Pegantungan. (PS/Ricky)


Komentar Anda

Terkini: