DPRD Samosir Konsultasi Pengembangan Kambing

/ Kamis, 10 September 2020 / 17.51.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Ingin mengetahui tentang tatacara pengembangan ternak kambing, Pimpinan bersama Komisi II DPRD Kabupaten Samosir melakukan Konsultasi ke Unit Loka Penelitian Kambing Potong Sungai Putih Galang, Kabupaten Deli Serdang, Kamis, (10/09).

Setiba dilokasi, para Wakil Rakyar Samosir itu diterima langsung oleh Kepala Unit Loka Fera Mahmilia. Wakil Ketua DPRD Samosir, Nasib Simbolonpun menyampaikan tujuan mereka untuk konsultasi pengembangan ternak Kambing khususnya untuk kambing potong.

 "Seperti apa perlakuan dan tehnim yang dikalukan Unit Loka, Kita ingin tahu sehingga nantinya bisa kita terapkan dan disampaikan ke masyarakat samosir yang bergelut di bidang peternakan kambing". Jelas Nasib. 

Sebagai Anggota Komis II, Russel Baringin Sihotang mengungkapkan bahwa permintaan daging kambing sudah semakin meningkat. Untuk itu kita ingin pihak Unit loka penelitian kambing potong dapat membagi pengalamannya tentang budidaya kambing yang nantinya kami sampaikan ke Dinas terkait agar dapat memberdayakan masyarakat peternak kambing di Kabupaten Samosir.

Kepala Unit Loka, Fera Mahmilia menyampaikan bahwa Unit mereka telah mengembangkan Kambing Boerka sebagai Kambing potong dengan ras baru yang merupakan hasil persilangan antara kambing boer asal afrika dengan kambing kacang(lokal). 

Selain menjelaskan perkawinan kambing sedarah kurang bagus dan beresiko, Fera juga menerangkan bahwa pakan kambing harus mengandung protein yang tinggi, dan per ekor membutuhkan 1,5 kilogram per ekornya setiap hari, dan dalam jangka 1 tahun maka bobot kambing sudah mencapai 35 kilogram. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: