Tak Laksanakan RAT, Koperasi MMS Terancam Dibekukan

/ Selasa, 01 September 2020 / 18.29.00 WIB

Poskotasumatera.com - Labuhanbatu - Sudah beroperasi sejak 2017 dan memiliki Badan Hukum per Oktober 2018 dengan nomor 009905/BH/M.KUKM.2/X/2018, Koperasi Mulana Mandiri Sekahtera (MMS) di Kabupaten Labuhanbatu hingga kini tidak pernah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Tak pelak, ketidakpatuhan pengurus terhadap peraturan mengakibatkan status badan usaha belum bersertifikat dan terancam dibekukan.

Menurut sumber yang dapat dipercaya, sekalipun tak pernah melaksanakan RAT, namun Koperasi ini sudah mengembangkan usaha di Kecamatan Bilah Hilir, Kelurahan Negeri Lama, Kab. Labuhanbatu. Menurut sumber yang juga merupakan unsur pengurus Koperasi, pengembangan usaha tidak memberikan kesejahteraan kepada anggota melalui membagian sisa hasil usaha (SHU).

Sekretaris Koalisi Aksi Wartawan dan LSM, Ishak menyebutkan, Koperasi wajib melaksanakan RAT dan menyampaikan ke Dinas Koperasi Dan UKM. Dalam menjalankan usaha, koperasi wajib mengutamakan kesejahteraan anggota. 

"Dalam menjalankan usaha, koperasi wajib memenuhi aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi, sosial, dan budaya sesuai dengan nilai dan prinsip koperasi, dari anggota dan untuk anggota," kata Ishak kepada wartawan POSKOTASUMATERA.COM, Senin (31/08/2020).

Untuk itu, lanjut Ishak, dia meminta Dinas Koperasj dan UKM Pemkab Labuhanbatu agar segera melakukan pembinaan dalam melindungi hak-hak anggota dan pengurus Koperasi MMS.

"Kita meminta Dinas Koperasi dan UKM untuk bertindak tegas dalam melakukan pembinaan untuk menjamin kesejahteraan anggota. Bila tidak patuh, bekukan badan hukum usahanya atau KAWAL akan melakukan aksi demo agar ditutup seluruh usahannya," tegas Ishak mengakhiri.

Kadis Koperasi dan UKM, Taupik Siregar belum dapat dimintai keterangannya. Saat disambangi di kantornya tidak dapat ditemui. (PS/Larus)

Komentar Anda

Terkini: