Menjelang Pilkada Serentak, Bupati Karo Dan Ketua KPUD Karo Melakukan Simulasi Pencoblosan.

/ Sabtu, 21 November 2020 / 23.02.00 WIB
 


POSKOTASUMATERA.COM. - Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, bersama Ketua Komisi Pemilihan umum Daerah (KPUD ) Kabupaten  Karo Gemar Tarigan, melakukan simulasi  pencoblosan surat suara  di TPS 11 dalam pemilihan pilkada Bupati dan Wakil Bupati Karo tahun 2020, Sabtu (22/11) pukul 09.30 wib,  di halaman  gedung DPRD Karo jalan Veteran Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo.

Pencoblosan ini dilaksanakan dalam rangka simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara dengan  protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi Sirekap ( e-rekap) pilkada tahun 2020. 
Dalam pelaksanaan  simulasi pencoboosan, terlihat Bupati Karo Terkelin Brahmana diikuti oleh ketua KPUD Kabupaten Karo Gemar Tarigan, mempraktekkan tata cara pelaksanaan prokes (protokol kesehatan) mulai antri cuci tangan, pakai sarung tangan, lalu  mendaftarkan identitas di meja panitia KPPS, kemudian menunggu panggilan di tempat yang disediakan, selanjutnya mengambil surat suara dan  menuju bilik pencobolosan. Kemudian , memasukkan  surat suara ke kotak suara, lalu diarahkan cap stempel jari pertanda sudah menggunakan hak pilih  dan kembali cuci tangan. 

Menurut Terkelin Brahmana, simulasi ini cukup bermanfaat bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember 2020 " hal ini di lakukan agar tidak terjadi kluster covid, dan  bertujuan sesuai dengan  himbauan pemerintah, supaya masyarakat tahu aturan saat memilih memperhatikan prokes" Ungkapnya 

Hal yang sama dikemukakan ketua KPUD kabupaten Karo Gemar Tarigan, mengatakan bahwa simulasi bertujuan untuk mempraktekkan kepada masyarakat bahwa aplikasi Sirekap  tahun 2020 ini  digunakan dalam penghitungan suara pilkada serentak seluruh Indonesia dengan mematuhi protokol kesehatan. 

 " e rekap ini,  sangat membantu dalam persingkat proses tahapan pilkada, dan  dapat mencegah mahalnya biaya penyelenggaraan pilkada yang akan datang" Ucapnya 
Perwakilan dari  KPU provsu Benget Silitonga menekankan saat simulasi, pada saat masyarakat datang ke TPS (Tempat pemungutan suara) dan mengikuti prokes kesehatan.
"yang paling penting dari rumah dibawa masker, sedangkan sarung tangan, hand sanitizer, sudah disiapkan oleh negara melalui KPUD Masing masing"  Ungkap Benget 

Disisi pengamanan dan  keamanan, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono didampingi Dandim 0205 Tanah Karo Letkol Kavleri Yuli Eko Hardyanto, menyebutkan, pihaknya dibantu dengan jajaran TNI siap mengamankan pilkada 9 Desember 2020.
Kegiatan  simulasi juga dihadiri oleh anggota KPU propinsi sumatera Utara Benget Silitonga, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, Sik, Dandim 0205 /TK Letkol Kav Yuli Eko Hardyanto, Kepala Kepala Kesbang Tetap Ginting, dan para peserta simulasi.  ( PS/ BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: