PP 98 Usul ke Erick Tohir Akuisisi Unit Syariah Bank BUMN dan BUMD

/ Selasa, 17 November 2020 / 23.22.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN, Perhimpunan Pergerakan (PP) 98 mengusulkan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakuisi unit syariah bank BUMN dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). 

Usulan tersebut disampaikan PP 98 saat menggelar diskusi dengan mengusung tema Menyoroti Kinerja BUMN. Menurut PP 98 hal tersebut dapat mempercepat dan memperbesar aset bank syariah masuk 10 besar dunia perbankan syariah. 

Dikatakan, Kinerja Kementerian BUMN dibawah kepemimpinan Erick Thohir sudah bagus. Namun ada beberapa pekerjaan rumah Kementerian BUMN yang harus cepat diselesaikan. Salah satunya adalah perbankan syariah.

"Kami usulkan Kementerian BUMN membahas percepatan perbankan syariah agar menjadi perbankan kelas dunia." kata Penasihat Bidang Ekonomi PP 98 Raya Timbul Manurung, Selasa (17/11/2020).

Lebih lanjut Timbul menjelaskan, Penguasaan pasar bank syariah di Indonesia masih dibawah 10 persen dari parbankan umum. Jika potensi perbankan syariah seluruhnya digabung termasuk dengan mengakuisisi unit syariah bank BUMD. Menurutnya tiga bank syariah BUMN yakni Mandiri Syariah, BNI Syariah dan BRI Syariah yang memiliki aset sekitar Rp225 triliun akan memperoleh dana segar  Rp55 hingga Rp60 triliun sehingga memiliki aset sekitar Rp285 triliun.

"Penambahan aset tersebut bisa didapat dari akuisisi unit syariah di Bank BTN dan unit syariah di 13 bank pembangunan daerah BUMD se Indonesia. Total aset unit syariah BTN dan BUMD serta 3 bank syariah BUMN jika digabungkan akan memiliki aset Rp 285 triliun." ujar mantan pengurus Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada ini.

Senada itu, Pengurus Pusat PP 98 Sahat Simatupang mengungkapkan,  Bank syariah mandiri belum masuk 10 besar dunia. Namun jika Kementerian BUMN bisa mempercepat akuisisi tersebut, perbankan hasil marger gabungan BUMN dan BUMD akan memiliki total aset U$ 20 miliar.

"Sepuluh besar bank syariah dunia ada di Timur Tengah. Jika aset perbankan syariah gabungan BUMN dan BUMD terealisasi Indonesia bisa langsung masuk 11 besar bank syariah dunia." ungkap Sahat.

Menurutnya, Jika dibandingkan dengan Malaysia yang mampu menggaet penguasaan pasar syariah hingga 50 persen, perbankan syariah di Indonesia masih mampu menggaet 10 persen pasar dibanding bank umum yang menguasai 90 persen.

"Mestinya penguasaan pasar syariah di Indonesia bisa hingga 50 persen dari bank umum, jika bank syariah dari Timur Tengah masuk ke Indonesia dan berkembangnya Sukuk atau Islamic Bond serta aset perbankan syariah bertambah dari gabungan bank syariah 3 BUMN plus unit syariah BTN dan BUMD terealisasi," tutur aktivis 98 ini.

Selain itu Kata Sahat, PP 98 mendukung kinerja Kementerian BUMN membenahi sektor perbankan." Erick Thohir dan Kementerian BUMN sudah on the track.

"Tinggal mempercepat kinerja saja terutama bidang perbankan dan lembaga keuangan syariah termasuk asuransi syariah. Jangan goda dan ganggu Erick Thohir saat ini," tutupnya. (PS/AJI LINGGA)

Komentar Anda

Terkini: