Kadis Pertanian Tapsel: Pertahankan Swasembada Pangan Dengan Percepatan Pola Tanam Padi

/ Selasa, 19 Januari 2021 / 23.51.00 WIB

 

POSKOTASUMATERA. COM-TAPSEL- Dalam rangka mempertahankan swasembada pangan dimasa pandemik Covid-19 ini,  Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan menerapkan percepatan tanam padi sawah.


"Program ini sekaligus mendukung target produksi beras oleh Kementan 15 juta ton pada musim tanam pertama 2021," Kata Kadis Pertanian Tapsel, Ir. Bismark Muaratua Siregar, di Sipirok baru baru di ruang kerjanya. 

Percepatan pola tanam ini dilakukan untuk mendukung mengamankan stok beras di dalam negeri khususnya menjaga persediaan pangan di Tapanuli Selatan dimasa pandemi Covid-19, sebut Bismark.

Seperti halnya Kelompok tani Suka Mulia Desa Sipangko, Kecamatan Angkola Muaratais telah melakukan percepatan pola tanam dengan potensi 63 hektare. Dengan tanam padi varietas jenis mekongga ini dilakukan di hamparan sawah kurang lebih 35 hektare.
"Tanaman padi Desa Sipangko masuk kategori baik karena irigasinya dengan indeks pertanaman 2,5 dengan hasil produksi mencapai 6,8-7 ton per hektare," ujarnya.

Yang sedikit menjadi menjadi kendala bagi petani tambahnya, soal mendapatkan pupuk yang sering terlambat masuk sehingga penggunaan kompos menjadi jalan solusi.

Sejalan dengan itu,  Kata Bismark guna membantu merealisasikan program Kementerian Pertanian (Kementan) RI dalam meningkatkan swasembada pangan khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan.(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: