Kepala Inspektorat Tapsel Dorong Pemeriksa Keuangan Profesional Nahkodai Pencegahan Korupsi

/ Minggu, 10 Januari 2021 / 15.30.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL -Kepala Inspektorat Kabupaten Tapanuli Selatan Ali  Imran Siregar,SE  konsisten untuk terus meningkatkan kapabilitas pemeriksan keuangan , utamanya dalam pencegahan korupsi, peringatan dini atau early warning system, serta mengawal keuangan dan pembangunan di lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan


Kepala Inspektorat Kabupaten Tapanuli Selatan Ali  Imran Siregar,SE di Kantornya baru baru ini mengatakan, peningkatan kapabilitas dan kompetensi itu dilakukan Kepala Inspektorat  melalui penyelenggaraaan pembinaan kepada Petugas Pemeriksan keuangan.

Menurutnya, hal itu bukan tanpa alasan pasalnya, Inspektorat merupakan instrumen dari pemerintah yang menjadi filter utama dalam mencegah dan mendeteksi penyimpangan sebelum diperiksa oleh auditor eksternal. 

Oleh karena itu kata Ali Imran Siregar, Inspektorat  sebagai nahkoda pengawasan intern, harus kompeten dan profesional, utamanya dalam pencegahan korupsi dan pengawalan pembangunan. Salah satu terobosan yang dilakukan Inspektotorat yakni dengan melaksanakan tugas secara profesional. 

 Jika pengawasan oleh Inspektorat dan sistem pengendalian intern pemerintah sudah berjalan dengan baik, maka pemeriksaan oleh auditor eksternal akan lebih efisien,” tutur Imran. 

 Yang dilakukan Inspektorat sejalan dengan tujuan akuntabilitas keuangan negara. Optimalisasi fungsi pencegahan dan peringatan dini atas penyalahgunaan anggaran merupakan salah satu terobosan penting menuju akuntabilitas keuangan negara, ungkapnya.

Diakhir Pembicaraannya,  beliau mengatakan bila. ada anggota saya dilapangan yang miminta upeti dari bendahara, maka saya akan copot dari jabatannya," pungkas Imran Siregar. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: