SMP N 1 Angkola Barat Siap Wujudkan Lingkungan Tanpa Plastik.

/ Rabu, 13 Januari 2021 / 20.09.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL - Kesadaran akan pentingnya menjaga Lingkungan di SMPN 1 Angkola Barat patut diacungi jempol. Selama 5  Tahun terakhir, mereka sukses mewujudkan lingkungan tanpa Sampah Plastik. 


Kepala SMPN 1 Angkola Barat Irham Saleh Siregar MA mengatakan, pihaknya sudah menerapkan kebijakan larangan Kantin Sekolah menyiapkan Plastik sebagai Pembungkus Makanan sejak Tahun 2015. Larangan ini juga berlaku untuk Penjual Makanan yang berada di  sekolah. Sekolah menyediakan tempat untuk mencuci peralatan makan disetiap depan Kelas, sehingga setelah dipakai bisa aman langsung mencuci alat makan dan minum.

"Kantin merupakan ‘Sumber Sampah', ketika tidak lagi menyediakan Pembungkus Plastik dipastikan Sampah akan terkurangi. Saat membeli makanan dan minuman, para Siswa dan Guru wajib membuang Sampah di tempat yng telah disediikan. Pihak Kantin juga wajib menyediakan perlengkapan makan untuk pembeli yang makan di tempat", jelasnya Rabu (13/1).

Kebijakan itu terbukti ampuh mengurangi jumlah Sampah Plastik di Lingkungan sekolah dan Lingkungan juga lebih bersih karena tidak ada Sampah yang tercecer. Karena sudah membudaya, baik Guru maupun Siswa sudah terbiasa membung Sampah pada tempatnya.

Menurut Kasek, banyak keuntungan yang diperoleh dari kebijakan ini, selain sukses mengurangi Sampah Plastik, para Pedagang juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli Plastik. Selain itu, anak - anak juga mempunyai kebiasaan baik, setelah makan dan minum, langsung buang Sampah ke tempat yang disiapkan. 

Saat masa pandemik. Saat ini SMP N 1 Angkola Barat melakukan pembelajaran daring,.jadi kantin juga sudah ditutup.  Saat ini guru memberikan mata pelajaran secara daring untuk menghindari penyebaran covid-19.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: