Diduga Tak Mengantongi Izin, Galian Tanah di Desa Negara Diminta Tutup

/ Selasa, 02 Februari 2021 / 23.28.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DELI SERDANG-Pelaksanaan galian tanah di Dusun Sinar Kemenangan Desa Negara, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, disebut sangat mengganggu ketentraman dan kenyamanan warga sekitar.


Bagaimana tidak, lalu lalang puluhan kendaraan truk pengangkut tanah ditambah suara bising mesin alat berat penggali tanah membuat tidak nyaman warga.


salah seorang warga yang tinggal sekitar proyek galian mengaku sakit kepala dan sakit mata dengan adanya kegiatan tersebut.


“Kami sangat terganggu pak dengan mesin-mesin truk pengangkut tanah dan alat berat. Ditambah lagi debu yang ditimbulkan tanah yang jatuh di jalanan, apalagi kalau turun hujan,” ujarnya.


Disampaikannya, sudah sangat banyak tanah yang diangkut dari lokasi tersebut. “Saya taksir sudah lebih dari 500 truk tanah yang diangkut dari lokasi galian. Coba aja bapak cek, lokasi galian sudah seperti kubangan,” ungkapnya.


Terlebih lagi, kegiatan galian tanah tersebut diduga kuat tidak mengantongi izin galian.


“Kami menduga pihak yang melakukan galian tanah di lokasi proyek tersebut tidak mengantongi izin galian” ujarnya.


Pantauan wartawan di lokasi, kerusakan lingkungan akibat galian tanah di Dusun Sinar Kemenangan tersebut cukup parah.


Terkait hal ini Camat STM Hilir, Esron T Girsang mengatakan sudah pernah memberi teguran kepada pihak pengelola.


Sementara Kapolsek Talun Kenas AKP Hendra Tambunan yang di konfirmasi wartawan mengatakan akan melakukan penyidikan.(PS/HERISEMBIRING)

Komentar Anda

Terkini: