KM Semangat Nelayan Ekspor Perdana Produk UMKM Batubara Via Pelabuhan Kuala Tanjung

/ Sabtu, 05 Juni 2021 / 01.25.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BATUBARA-Dalam mendorong peningkatan produk UMKM, Pemkab Batubara bekerjasama dengan pengusaha KM Semangat Nelayan melauncing ekspor perdana hasil produk UMKM dari daerah tersebut ke negeri tetangga. 

Acara pelepasan KM Semangat Nelayan sebagai pengapalan perdana ekspor Produk UMKM ke Malaysia ini digelar, Jumat (4/6/2021) di Pelabuhan Kuala Tanjung. 

Hadir dalam acara, Bupati Batubara Ir Zahir, Kepala Pelabuhan Pelindo Batubara diwakili Dirut PT Multi Prima Terminal,Wakapolres Batubara, Dandim Asahan Kolonel Sri Marantika, Dirut Inalum Sofia Isabela Watimena, Kajari Batubara, Tokoh masyakat Prof DR OK Saidin SH,Mkn dan Pengusaha KM Semangat Nelayan Anto dan Robert Hutahean. 

Bupati Batubara Ir Zahir MAP dalam kesempatan itu berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan program pengiriman hasil Sumber Daya Alam dan hasil Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang akan dikirim ke negeri jiran tetangga Malaysia.

“Tentunya ini akan berdampak positif bagi masyarakat Batubara khususnya pelaku dagang dan UMKM,”kata Bupati Zahir saat pengapalan perdana ekspor produk UMKM Batubara ke Malaysia di Pelabuhan Dermaga C Inalum Kuala Tanjung.


Dijelaskan, dimasa pandemi Covid-19, dituntun dalam pemulihan ekonomi dengan cepat. Tentunya perlu kerja sama yang dibangun secara kekeluargaan dengan berbagai pihak, agar pemulihan ekonomi secara cepat.

“Saya perintahkan kepada jajaran Pemkab Batubara dalam hal perizinan perdagangan harus diberikan pelayanan yang cepat sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini sebagai bentuk dukungan kepada pelaku dagang dan usaha sebagai pihak ekspotir,”ujarnya.

Bupati menyebutkan, ia memilih Pelabuhan Dermaga C Inalum, untuk menghemat biaya ongkos dan tidak adanya mafia – mafia pelabuhan. Sehingga menjadi keuntungan sangat besar bagi masyarakat Batubara. “Pengapalan perdana ini diawali dengan mengirim produk hasil laut. Kedepannya akan dikirim hasil bumi dan hasil produk UMKM khas Batubara,”terang Bupati Zahir.

Turut hadir Plt Dinas Koperasi UMKM Batubara Arif Hanafiah, Direktur Pelaksana Inalum Shopia Isabela Watimena, Wakapolres Batubara Kompol Rudy Candra SH MM, Kodim 02/08 Asahan Letkol Inf SM. Beruh, Danlanal TBA – Letkol. Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory SE, Kajari Batubara, Dirut PT. Pelindo I diwakili Dirut PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto,Tokoh masyarakat Prof.DR OK Saidin SH MHum dan para pelaku UMKM Batubara.

Sebelumnya, Dirut PT Prima Multi Terminal menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 berlangsung, banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan besar yang terdampak kondisi ekonomi dunia. Berbeda dengan UMKM yang masih banyak bertahan.

“Kami Pelindo l , akan mendukung penuh program ini, karena para pelaku UMKM Batubara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah di kuala Tanjung,”sebutnya.

Dirut Pelaksana Inalum Shopia Isabela Watimena, mendukung program pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi. “Kami dari Perusahaan Inalum mendukung penuh program ini. Dengan diberikan Fasilitas pelabuhan ini, para pelaku UMKM sangat berpeluang untuk meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan, sehingga semakin baik dalam mengenalkan produk untuk pasar Internasional,”ungkapnya.


Shopia Isabela Watimena menyampaikan, dari Perusahaan Inalum mendukung penuh program ini. “Dengan diberikan Fasilitas pelabuhan ini, para pelaku UMKM sangat berpeluang untuk meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan. Dan semakin baik dalam mengenalkan produk untuk pasar Internasional,” sebut Shopia.

 

Sementara Dirut PT. Prima Multi Terminal Rudi Susanto menyampaikan, pada masa pandemi Covid-19 berlangsung banyak perusahaan yang mulai menutup gerainya. Berbeda dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang masih banyak bertahan. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan besar yang terdampak kondisi ekonomi dunia.

 

“Kami Pelindo akan mendukung penuh program ini, karena para pelaku UMKM Batu Bara tidak mengirim barang melalui pelabuhan yang jauh sehingga ongkos logistik akan lebih murah dari kuala Tanjung,” kata Rudi. 

Dalam Acara ini tak lupa Bupati Batubara memberikan bantuan secara simbolis kepada anak anak yatim dari masyarakat sekitar dan selanjutnya Pengusaha KM Semangat Nelayan Anto memasangkan tengkuluk Batubara kepada Bupati Batubara sedangkan Robert Hutahaean memasangkan selendang kepada Pelaksana Dirut PT Inalum Sofia Isabella Watimena (PS/IWAN GINTING)

 




 

Komentar Anda

Terkini: