Warga Masyarakat Situmba Minta Pemkab Tapsel Alih Fungsikan Pasar Situmba Menjadi Gedung Olahraga

/ Rabu, 23 Juni 2021 / 13.56.00 WIB

Pemerhati Lingkungan Hidup Tapsel Parlaungan Siregar

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Warga masyarakat Situmba Kecamatan Sipirok meminta Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan  untuk alih fungsikan kios pasar Situmba menjadi gedung olahraga (GOR). 


Demikian disampaikan Pemerhati Lingkungan Hidup Tapsel Parlaungan Siregar (69) Tahun kepada awak media online di Desa Situmba Rabu (23/6).

Dijelaskan, " bahwa saya sedikit menjelaskan 
Histori atau sejarah  pekan situmba dulu  pada Tahun 1950 pekan ini adalah primadona warga masyarakat di wilayah situmbah yang lebih dikenal  poken sabtu. Pekan Situmba ini sejak Tahun 1950 mempunyai wilayah 26 Desa yaitu mulai dari Desa Tolang sampai ke Desa Mandurana khusus desa dipinggir jalan Lintas Sipirok.


 Lebih lanjut Ketua Nato Kota Batam  Parlaungan Siregar menjelaskan sejak Tahun 1990 Pasar Situmba Kecamatan Sipirok tidak ramai lagi, disebabkan transportasi sudah lancar kedaerah pelosok wilayah Situmba,  transportasi  roda empat dan roda dua sudah lancar dan pendapatan  masyarakat meningkat sehingga warga  masyarakat yang memiliki roda dua dan empat   belanja  ke sipirok," ujarnya.




Seterusnya Pada Tahun 2016 program pemkab Tapsel  yang dikomandai H. Syahrul M. Pasaribu, SH  dibangunlah kios,  untuk membangkitkan kembali pekan sabtu di Desa Situmba,  ternyata masyarakat lebih memilih belanja ke Pasar sipirok. 
 Bangunan yang ada nyaris tidak dihuni.  Daripada rusak begitu seperti tidak punya tuan  sehingga terjadi kerusakan kios Pekan Situmba," ujar Parlaungan Siregar.  

 Untuk itu pemerhati lingkungan hidup Tapsel Parlaungan Siregar,"  meminta kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan  dibawah kepemimpinan H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu untuk mengalih fungsikan kios pekan Situmba menjadi gedung olahraga.

Saya sebaga putra daerah  Desa Situmba sangat prihatin melihat kondisi kios pekan Situmba saat ini.  Dan masyarakat Desa Situmba berharap agar secepatnya dialihkan pemerintah  menjadi gedung olahraga, " ujar Siregar. 

Lebih lanjut disampaikan," kios pekan Situmba adalah  ased milik Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan.  Untuk itu  besar harapan kami masyarakat Desa Situmba supaya Kios Pekan Situmba difungsikan  menjadi gedung olahraga. seperti lapangan bulutangkis, lapangan futsal.  Lapangan tennis meja. 


Dengan dialihkannya menjadi gedung olahraga sehingga dapat  mendongkrak PAD Tapsel. Karena pekan Pasar Situmba  sangat  dekat dengan perkantoran  Pemkab Tapsel, " ujarnya. 

Parlaungan Siregar yang dikenal masyarakat setempat sangat mematuhi protokol kesehatan bahkan saat tidurpun memakai masker, " ujar Julherman Siregar. 

Menanggapi keluhan warga masyarakat ini,  Ketika awak media konfirmasi Kadis Perdagangan Tapsel Drs. A. Raja Nasution,M.Si tidak berhasil dihubungi karena sedang berada di Jakarta,  begitu juga Sekretaris dan Kabid Pasar tidak ada di kantor karena sedang rapat di kantor Bupati Tapsel, " ujar salah satu staf dinas perdagangan. (PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: