Rolel Harahap Menghimbau Pemuda Untuk Paham Sejarah KNPI

/ Selasa, 14 September 2021 / 14.58.00 WIB

 


Ketua Ikatan Keluarga Alumni Komite Nasional Pemuda Indonesia (IKA-KNPI) Sumatera Utara ,Rolel Harahap menghimbau kepada pemuda untuk memahami sejarah KNPI khususnya di Sumatera Utara.Hal tersebut diungkapkannya pada Musyawarah Daerah (XV) DPD KNPI Kota Tanjungbalai (POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM- TANJUNGBALAI

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Komite Nasional Pemuda Indonesia (IKA-KNPI) Sumatera Utara ,Rolel Harahap menghimbau kepada pemuda untuk memahami sejarah KNPI khususnya di Sumatera Utara.

Hal tersebut diungkapkannya pada Musyawarah Daerah (XV) DPD KNPI Kota Tanjungbalai resmi dibuka, Selasa (14/9/21) di Grand Singgie Hotel Tanjungbalai.

Menurutnya,jangan lagi ada pembelokan sejarah oleh oknum yang mengaku-ngaku KNPI. Samsir Pohan adalah Ketua KNPI yang sah sesuai silsilah kepengurusan KNPI Sumut. Maka banggalah kita berada di Musda ini," kata Ketua KNPI Sumut periode 2005-2008 tersebut.

Rolel Harahap  dalam paparannya menjabarkan sejarah serta juriat (silsilah) kepengurusan KNPI.

Di Provinsi Sumatera Utara, KNPI dibentuk tahun 1974 dengan Bomer Pasaribu sebagai Ketua KNPI Sumut yang pertama.

“Setelah itu berturut dr Zainal Arifin, Wahab Sugiharto, AR Nasution serta Syamsul Arifin di periode 1992-1995,” terang Rolel.

Kemudian periode selanjutnya Ardjoni Munir, Bahdin Nur Tanjung, Firdaus Nasution baru kemudian Rolel Harahap periode 2005-2008.

“Kemudian periode 2008-2014 Bung Yasir Ridho menjabat dua periode. Bung Ridho satu-satunya Ketua KNPI Sumut dua periode sejauh ini. Kemudian Sugiat Santoso baru digantikan Samsir Pohan. Inilah zuriat yang jelas,” kata Rolel.

Sejarah dan zuriat ini, sambung mantan Wakil Walikota Tanjungbalai itu, menjadi penting untuk dipahami pemuda dan OKP di Tanjungbalai.

“Jika saya dan Bung Samsir Pohan sudah hadir di sini, maka inilah KNPI yang benar. Silsilahnya jelas,” kata Ketua KNPI Tanjungbalai 1998-2001 tersebut.

Rolel juga menyinggung Kantor Pemuda KNPI Tanjungbalai yang dibangun semasa dirinya menjadi Ketua KNPI Tanjungbalai.

“Saya hadir di sini maka siapapun nanti yang jadi Ketua KNPI Tanjungbalai dari sini, maka harus menempati kantor tersebut. Itu hak kita,” terang Rolel Harahap.

Sementara itu Ketua KNPI Sumut Samsir Pohan menegaskan eksistensi pemuda khususnya KNPI tergambar dari kosolidasi serta dampak positif yang dibuat untuk masyarakat.

“Pemuda harus berada di tengah-tengah antara pemerintah dengan masyarakat. Harus bisa menyerap dan menanggung aspirasi masyarakat untuk disampaikan dan diperjuangkan ke pemerintah. Begitu juga sebaliknya,” kata Samsir.

Mantan Ketum Badko HMI Sumut itu menegaskan DPP KNPI di bawah kepemimpinan Haris Pertama merupakan mandataris Kongres XV 2018 di Bogor.

“Untuk itu, tidak ada keraguan bagi pemuda untuk solid menjalankan mandat organisasi yang telah disepakati seluruh OKP dan pemilik suara lainnya di KNPI,” kata Samsir.

Pada 13-15 Oktober 2021, DPP KNPI mengundang OKP serta KNPI Provinsi dan Kabupaten/kota dalam rangka Rapat Pimpinan Paripurna Nasional.

“Di situ nanti dibahas terkait Kongres Pemuda 2021 serta agenda penting lainnya,” kata Samsir.

Sedangkan Ketua Caretaker KNPI Tanjung Balai Ansor Harahap menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Caretaker yang mampu menghelat Musda.

"Ini merupakan Musda yabg relevan karena dihadiri para pemilik suara dari kalangan OKP dan OKI di Tanjung Balai," kata Ansor Harahap.

Ketua OC Musda Afdilla Afriandy menyampaikan pihaknya mempersiapkan Musda selama hampir kurang 3 minggu.

"Diawali Pleno di Kantor Pemuda KNPI Tanjungbalai kemudian membentuk kepanitiaan Musda, alhamdulillah hari ini menjadi momen bersejarah bagi perwajahan baru pemuda Tanjungbalai," kata Afdilla.

Afdilla menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan tersebut.

"Terkhusus kepada DPD KNPI Sumut dan Caretaker KNPI Tanjungbalai yang tak henti memberi arahan dan petunjuk kepada kami,"sebut Afdilla. 

(PS/SAUFI)




Komentar Anda

Terkini: