Pengerjaan Paving Block di Desa Mekar Sari Delitua Disorot Warga

/ Kamis, 14 Oktober 2021 / 14.44.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-DELITUA-Pembangunan  jalan paving block di dusun VII, Desa Mekar Sari, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli serdang disoal oleh warga setempat.

Pasalnya, pembangunan jalan paving block yang tengah dikerjakan dan bersumber anggaran dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Kabupaten Deli serdang itu tanpa papan plang proyek.

Hasil pantauan wartawan dilokasi Kamis (14/10/2021) pemasangan paving block terlihat  bergelembung dan tidak rata, di bagian tepi jalan juga tampak hancur.

IJ (48) salah satu warga dusun VII, Desa Mekar Sari, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deli serdang menyampaikan, menurutnya, selain pekerjaannya asal jadi, pelaksanaanya diduga tanpa didampingi oleh pengawasan.

"Yah, pemasanganya itu kan harusnya sesuai dengan RAB tidak asal-asalan seperti itu, tapi plang proyeknya saja tidak ada"Ketus IJ

Dikatakan warga ini, dengan hasil pengerjaan seperti  itu, pemerintah Kabupaten Deli serdang hanya membuang uang negara dan diperkirakan hanya bertahan berapa bulan kedepan.

“Dalam pemasangan paving block seharusnya hal yang pertama dilakukan adalah memasang Kanstein. Kanstein yang kuat tak lepas dari peranan back up concrete atau beton penyokong. 

Seperti namanya, fungsi dari beton ini adalah untuk menyokong kanstein menahan gaya yang ditimbulkan oleh kendaraan yang melintas.dengan hasil pemasangan paving block di dusun VII ini tanpa adanya Kanstein,” ujarnya.

Diketahui dalam tahapan pemasangan Paving Block, ada empat tahapan yang harus dilakukan yaitu, Pemasangan Kanstein, Penggelaran pasir untuk sand bedding, Pemasangan dan pemotongan paving block, Pemasangan joint filler dan pemadatan, jika tidak mengikuti hal tersebut bagaimana kualitasnya mau bagus, paparnya lagi

Jadi kuat dugaan bahwa pelaksanaan pekerjaannya asal-asalan.Didalam suatu pekerjaan proyek yang dianggarkan oleh pemerintah harus sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB), agar kualitas proyek dapat terjamin, imbuh IJ.

Terkait hal itu,Kepala Desa Mekar Sari Juliadi saat dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp tidak  menjawab.(PS/HS)
Komentar Anda

Terkini: