Musrenbang Desa Hutaraja Kec.Tantom Angkola Berjalan Lancar Prioritas Utama Pembangunan Bronjong Paret Tonga

/ Rabu, 26 Januari 2022 / 21.26.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Hutaraja Kecamatan Tano Tombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara berjalan aman dan lancar yang bertempat di gedung PAUD Rabu (26/1-2022)


Camat Kecamatan Tano Tombangan Angkola  Indra Sakti Siregar,S.Sos menyampailan bahwa agenda musrenbangdes ini adalah kegiatan secara rutinas kita setiap tahun. Warga masyarakat akan mengusulkan 3 Sumber anggaran yaitu dari APBD Kabupaten Tapanuli Selatan,APBD Provinsi dan APBN. 

Camat Tano Tombangan Angkola Indra Sakti,S.Sos mengajak peserta musrembang agar sepakat untuk APBN diseluruh Desa/Kelurahan Kecamatan Tano Tombangan  Angkola untuk mengusulkan normalisasi sungai Batangangkola, karena ada kendala kita kalau hujan turun akan terjadi banjir  dan banyak warga masyarakat yang gagal panen.Profosalnya nanti sama sama kita tandatangani di Kantor  Kecamatan.

Lebih lanjut disampaikan Camat Tano Tombangan Angkola bahwa Musrenbang ini dilaksanakan dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat.Saat ini yang menentukan pembangunan adalah botton up yaitu dari bawah ke atas, bukan darinatas ke bawah (top down).

 Camat berharap usulan yang diusulkan peserta musrenbang adalah yang prioritas artinya Pembangunan yang dilaksanakan nanti lebih banyak penerima manfaatnya.Kepada Warga masyarakat Camat menghimbau agar masyarakat yang sudah 6 bulan vaksin kedua agar datang ke Kantor Camat untuk pelaksanaan vaksin ketiga (vaksin boster) dengan umur minimal 18 tahun keatas.


Selanjutnya Kades Hutaraja Jupri Sugianto menyampaikan,"  kami dari Pemerintahan desa Hutaraja mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan kami yang telah meluangkan waktunya  mengikuti acara musrenbang hari ini. 

Disampaikan Kades Hutaraja Jupri Sugianto bahwa  Prioritas pertama masyarakat Desa Hutaraja adalah pembangunan  bronjong pinggir paret tonga, karena ini menyangkut kepentingan masyarakat banyak, "ujarnya. 



Untuk peserta musrenbang  yang hadir saya harapkan menyampaikan hasil musrenbang ini nantinya kepada masyarakat yang tidak hadir agar tidak terjadi salah paham dan tidak menjadi cerita yang tidak baik. Maka dari itu apabila ada usulan – usulan sampaikan saja di forum musrenbang ini apapun usulan bapak – bapak dan ibu – ibu semua akan kita tampung. Ujarnya.

Acara musrenbang dipimpin Ketua BPD Desa Hutaraja.

Setelah selesai komunikasi timbal balik dengan peserta musrembang maka Ketua BPD menyampaikan hasil musrenbang Desa Hutaraja untuk tahun 2023 antara lain  Pembangunan Drainase untuk pemukiman warga , Pengadaan Pupuk untuk petani,pengadaan sumur bor di SD Hutaraja,pengadaan bibit unggul padi bagi petani,pengadaan ayam betina, pemgadaan bibit durian 500 batang, pelatihan menjahit untuk PKK sebanyak 10 orang, pembuatan bak penampung air bersih,pembangunan pagar SMP Negeri 1 Hutaraja, pembangunan rabat beton,  pelatihan las,pengadaan calon induk ikan lele untuk usulan APBD Tapsel dan APBD Provinsi.

 
Sedangkan Untuk APBN sepakat seluruh Desa/Kelurahan Kecamatan  Tano Tombangan Angkola untuk normalisasi sungai Batangangkola.

Turut hadir dalam acara musrenbang Desa Hutaraja Camat Tano Tombangan Angkola Indras Sakti,S.Sos,Kasi Pembangunan Kantor Camat,Kasi Pendapatan Kantor Camat, Kepala Desa Hutaraja, Babinsa,Aparat Desa, Kapus Batu Horpak, Tokoh masyarakat,Tokoh Agama,Ketua BPD dan anggota,Kader posyandu,PKK, Karangtaruna, LPMD,Kepala Sekolah, dan warga masyarakat lainnya.(PS/BERMAWI)




.
Komentar Anda

Terkini: