Siswa SMK N 1 Marancar Belajar Budidaya Jamur Tiram Bersama Dudi CV Martabe Prima Lestari

/ Rabu, 02 Februari 2022 / 16.08.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDEMPUAN-Jamur tiram merupakan salah satu produk pertanian yang  banyak diminati masyarakat saat ini. Selama pandemic Covid-19, banyak usaha  rumahan yang memproduksi berbagai produk olahan jamur tiram.


Di tengah pandemic Covid-19 ini, dengan   mengikuti aturan-aturan yang diberlakukan, siswa prakerin yang berasal dari SMK 1 Marancar melakukan Praktek Budidaya Jamur Tiram bersama Dudi CV Martabe Prima Lestari yang berada di Kelurahan Lubuk Raya Simapilapil Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan.

Program magang  ini juga menjadi salah satu cara untuk semakin mendekatkan dunia pertanian, terutama kepada generasi muda atau kalangan milenial.
Banyak yang dipelajari oleh siswa prakerin di dudi CV Martabe Prima  Dibawah Komando Edi Parlis Harahap salah satunya Budidaya jamur tiram.


Edi Parlis Harahap selaku Ketua CV Martabe Prima  menjelaskan,” bahwa siswa/i SMK N 1 Marancar yang magang ini bertujuan agar siswa dapat secara langsung mengenal dan  melatih diri  dalam proses Budidaya Jamur Tiram. Budidaya Jamur tiram ini sudah bisa dipanen selama 40 hari dihitung mulai dari pembibitan" ungkap Edi Parlis Harahap.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa, “kegiatan magang ini merupakan salah satu fungsi kami sebagai pusat layanan publik bidang pertanian, harapan kami kerjasama ini dapat berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya” ungkap Edi Parlis Harahap.
Hal yang sama juga disampaikan oleh siswi magang  Sawiyah,Ayu,Raya dan Tukma, “Harapan kami, ilmu yang kami dapatkan selama magang bisa bermanfaat” pungkasnya. Selain mendapatkan pelatihan mengenai jamur tiram, siswa juga diberikan bekal oleh Bapak Edi Parlis Harahap.

Kepala Prodi Agri Bisnis Tanaman Pangan Holtikultura  Fakhrina Harahap, SP mengharapkan  siswa/i  kedepan bisa berwiraausaha sendiri. 


Pengalama yang didapat di PKL atau magang yang sudah  modal untuk membuka usaha sendiri," ujarnya.


Selanjutnya Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran,M.Pd menyampaikan  PKL atau magang ini bertujuan agar Siswa/i sudah pandai berwirausaha  jamur tiram. Diharapkan kepada anak anak kami selama menjalani PKL atau magang agar menjaga sikap dan disiplin agar ilmu yang didapat bisa diaplikasikan di rumah masing masing," ujarnya.(PS/BERMAWI)  









 
Komentar Anda

Terkini: